Tas Plastik dalam Ragam Pilihan Warna dan Ukuran

Tas Plastik dalam Ragam Pilihan Warna dan Ukuran

tas plastik

Tas plastik atau tas belanja plastik merupakan jenis plastik yang dipergunakan untuk membungkus berbagai jenis barang belanjaan mulai dari makanan, minuman, hingga berbagai item lainnya. Penggunaan plastik untuk membungkus barang belanjaan dan sebagai alat untuk membawa barang-barang tersebut dari toko ke rumah seseorang mulai populer sejak tahun 1960an. Kantong plastik ini sering juga disebut dengan nama kantong sekali pakai namun banyak orang yang mempergunakannya untuk keperluan yang lain misalnya saja sebagai tempat untuk menampung sampah atau bisa juga dipergunakan sebagai alat penyimpanan benda-benda lain. Saat ini penggunaan kantong plastik untuk berbelanja menjadi semakin umum dan para produsen plastik ini telah membuat kantong plastik seperti ini dalam berbagai pilihan warna, ukuran hingga variasi lainnya.

Varian Kantong Plastik Sesuai dengan Kebutuhan

Ada berbagai varian dari tas plastik yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan sang pemakai. Pada umumnya, perbedaan dari masing-masing varian dilihat dari ukuran plastik itu sendiri, warna dan juga ketebalan dari plastik tersebut. Umumnya, kantong plastik yang dipergunakan untuk berbelanja adalah kantong plastik yang memiliki tempat pegangan tangan pada bagian atas. Hal ini akan memudahkan setiap orang dalam membawa plastik tersebut. Hal ini jauh berbeda dengan jenis plastik lainnya misalnya saja plastik yang dipergunakan untuk membungkus makanan, membungkus buah atau plastik kecil yang umumnya dipergunakan untuk membungkus benda-benda kecil, dimana plastik ini tidak memiliki fitur pegangan tangan.

Ukuran dari tas plastik yang bisa ditemukan di pasaran sangat bervariasi, umumnya dilihat dari ukuran lebar x panjang (dalam cm). Beberapa contoh ukuran plastik yang ada adalah 15 x 32; 15 x 22; 20 x 30; 25 x 35; 24 x 44, dan 30 x 40. Untuk pilihan warna yang ada sangatlah beragam mula dari yang berwarna puting bening dan putih susu yang umum dipergunakan untuk membungkus barang belanjaan berupa makanan, lalu ada juga pilihan warna lain seperti hitam, kuning, merah, biru dan hijau.

Selain dari segi warna dan ukuran, ada juga kategori lain yang bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih tas plastik yaitu ketebalan plastik. Ukuran ketebalan yang umum ditemukan pada produk seperti ini adalah setebal 0,15 mm, namun ada juga ukuran ketebalan lain yang bisa dipilih baik yang lebih tipis seperti plastik dengan ketebalan 0,08 mm dan 0,12 mm ataupun plastik yang lebih tebal lagi sekitar 0,20 mm. Pada umumnya kantong plastik ini dijual dalam bentuk grosir dimana pihak produsen telah mengemasnya dengan rapi sebanyak 50 hingga 100 lembar per kemasan.

Selain model tas plastik yang umum ditemukan dibanyak toko atau dipasar-pasar, ada juga jenis plastik belanja yang sedikit berbeda yaitu jenis plastik yang dipergunakan ditoko-toko besar seperti toko pakaian besar ataupun butik-butik ternama. Jenis plastik belanja yang dipergunakan di toko-toko seperti ini pada umumnya sudah mengalami sedikit proses modifikasi yaitu dengan penambahan nama dan logo dari toko tersebut. Pemilihan warna yang dipergunakan juga sangat bevariasi mulai dari yang polos hingga yang memiliki corak-corak tertentu yang terlihat menarik dimata para konsumen. Selain penggunaan variasi yang lebih menarik, kebanyakan plastik-plastik belanja yang tersedia saat ini juga merupakan jenis plastik yang dapat dengan cepat hancur saat sudah tidak dipergunakan lagi atau bisa juga merupakan plastik yang berasal dari hasil daur ulang yang tergolong lebih ramah lingkungan.

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , . Bookmark the permalink.