Tali Rafia, Warna Warni Manfaat dan Peluang Usahanya

Tali Rafia, Warna Warni Manfaat dan Peluang Usahanya

Tali rafia tentunya merupakan barang yang sangat akrab dengan kehidupan sehari-hari masyarakat kita. Dapat dikatakan bahwa kita pasti akan menjumpai tali rafia dalam berbagai warna dan ukuran di hampir setiap rumah tangga. Namun, kenyataannya tidak hanya rumah tangga saja yang membutuhkan tali rafia untuk mengemas dan mengikat berbagai barang, banyak usaha maupun industri lain yang setiap harinya membutuhkan produk ini dalam jumlah banyak seperti jasa kurir dan pengiriman barang, usaha pengepakan, kios-kios dan toko-toko, pedagang di pasar dan masih banyak lagi.

Permintaan pasar akan tali rafia hingga saat ini memang belum surut atau dengan kata lain masih cukup tinggi. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai salah satu celah peluang usaha untuk ditekuni. Anda dapat menjadi distributor, supplier, pengecer bahkan pembuat tali rafia, tergantung pada kemauan Anda untuk menjalankan usaha mana yang paling sesuai dengan kemampuan Anda.
Distributor, Supplier Dan Pengecer Tali Rafia
Untuk terjun dalam usaha tali rafia ini, tentunya Anda memerlukan modal usaha serta berbagai pertimbangan penting yang akan membantu Anda tidak hanya menjalankan usaha dengan baik, tetapi sekaligus berusaha untuk mengembangkan dan memajukan usaha Anda tersebut.
Salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan adalah perlunya pengetahuan mengenai berbagai jenis dan kualitas tali rafia yang akan Anda tawarkan kepada pelanggan, baik dalam posisi Anda sebagai distributor, supplier maupun sebagai pengecer.

Kualitas tali rafia yang baik, ditandai dengan beragamnya pilihan warna yang dapat dipilih oleh pelanggan, tali tipis, lembut tetapi kuat. Tali rafia kualitas sedang juga memiliki banyak pilihan warna, tidak mengkilat tetapi tebal. Sedangkan tali rafia berkualitas rendah umumnya tebal, tidak mengkilat dan tidak mempunyai variasi warna. Dengan pengetahuan akan kualitas, Anda nantinya akan dapat menentukan harga dari masing-masing produk karena kualitas menentukan harga. Usahakan agar harga yang Anda tawarkan dapat bersaing di pasaran demi kelangsungan usaha yang akan Anda rintis.

Pertimbangan lain yang perlu diperhatikan adalah pasar yang Anda tuju serta strategi pemasaran yang Anda pilih. Dengan menentukan target pasar serta strategi pemasaran terbaik, maka penjualan dan pemasaran akan lebih terpusat sehingga kemungkinan usaha Anda untuk berkembang dan maju akan makin terbuka lebar.
Peluang Usaha Pembuatan Tali Rafia
Usaha pembuatan tali rafia dapat Anda pilih untuk ditekuni jika Anda memiliki modal yang cukup. Untuk memulai usaha ini, Anda memerlukan mesin pembuat tali rafia yang nantinya akan membantu Anda menghasilkan produk sesuai kriteria yang Anda inginkan.

Bahan baku yang Anda perlukan untuk membuat tali rafia adalah plastik bekas; tentu saja plastik yang sudah siap diolah atau yang sudah berupa biji plastik atau pellet. Anda dapat memanfaatkan jasa pengepul plastik bekas untuk memasok bahan baku produksi tali rafia Anda. Jika Anda memiliki modal lebih, Anda bahkan dapat membeli mesin pencacah plastik untuk memasok bahan baku produksi tali rafia sendiri.

Tali rafia dengan kualitas yang baik biasanya yang dibuat dari plastik gelas atau botol bekas. Untuk kualitas yang lebih rendah, dapat menggunakan plastik bekas pembungkus kapas, kerupuk maupun plastik bekas pembungkus beras.

Umumnya, kendala yang dihadapi mereka yang memiliki usaha pembuatan tali rafia adalah kurangnya bahan baku yang berupa limbah plastik yang memenuhi standar kualitas yang baik.

Nah, sekarang Anda tahu bahwa Anda tidak hanya dapat memperoleh manfaat dari penggunaan tali rafia yang serba guna, tetapi peluang usaha terkait dengan tali rafia pun masih terbuka lebar. Jadi apa keputusan Anda?

Klik disini untuk melihat berbagai macam produk tali rafia.

 

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.