Sekilas Mengenai Pengertian Plastik

Beberapa Jenis Plastik yang Biasa Dipakai Manusia

Setiap harinya kita pasti memakai atau melihat orang yang menggunakan peralatan dan benda – benda yang terbuat dari plastik. Plastik sendiri adalah material yang murah namun kuat dan lentur sehingga menjadi material utama dari barang – barang yang sekarang dipakai oleh manusia. Walaupun sebagian besar orang di dunia menggunakan dan memanfaatkan benda – benda plastik setiap hari, namun tidak banyak yang mengetahui pengertian plastik itu sendiri.

Pengertian Plastik

Pengertian Plastik

Secara umum, pengertian plastik adalah bahan yang derajat kekristalannya lebih rendah dibandingkan dengan serat. Sifat plastik ini sangat istimewa dimana material yang satu ini dapat dilunakkan, dibengkokkan, dan dicetak dengan sangat mudah hanya dengan memanaskan pada suhu yang tidak terlalu tinggi. Suhu untuk membuat plastik ini menjadi lumer adalah suhu yang sedikit lebih panas dari suhu ruangan normal. Kekuatan juga menjadi daya tarik utama dari material yang satu ini. Plastik dikenal sebagai material yang bisa menggantikan kayu dan metal karena harganya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan kedua material tradisional tersebut. Kualitas plastik sendiri berada tepat diantara metal dan kayu. Plastik memiliki sifat yang lentur, memiliki kekerasan tingkat menengah, murah, dan ringan.

Di industri saat ini juga dikenal ada banyak sekali plastik. Jadi plastik yang dipakai sebagai botol minuman akan jauh berbeda dengan plastik yang dipakai untuk membuat kantong kresek. Di artikel mengenai pengertian plastik kali ini akan dijabarkan lebih lanjut mengenai jenis – jenis plastik yang biasa dipakai di industri – industri hingga di kehidupan manusia sehari – hari. Yang pertama adalah Polyethylene Terephthalate, plastik ini merupakan jenis plastik yang kedap air dan gas serta memiliki titik leleh sekitar 80 derajat celcius. Material plastik yang berwarna jernih menjadikan plastik ini kerap dijadikans ebagai botol minuman instan, botol minyak goreng, botol kecap, soft drink, dan lain sebagainya. Plastik ini biasanya ditandai dengan angka 1 dan hanya boleh dipakai sekali serta harus dihindarkan dari panas yang terlalu tinggi.

Pengertian Plastik

Pengertian Plastik

Jenis plastik yang kedua adalah high density Polyethyle. Kualitas dan pengertian plastik yang satu ini hampir sama dengan plastik Polyethylene Terephthalate namun plastik high density ini memiliki kemampuan untuk menahan reaksi kimia sehingga biasanya dipakai sebagai wadah untuk produk kosmetik, wadah cairan pembersih, wadah parfum, wadah gallon air. Plastik jenis ini menggunakan simbol angka dengan nomor 2. Jenis plastik yang ketiga adalah polivinil kloerida atau biasa dikenal dengan plastik PVC. Plastik ini sifatnya keras dan sulit didaur ulang. Sifatnya yang kuat, tahan bahan kimia, tahan lemak, dan serbaguna menjadikan bahan PVC banyak dipakai sebagai bahan dasar barang apa saja kecuali bungkus makanan karena kandungan racun DEHA yang terdapat di dalamnya. Jenis plastik selanjutnya adalah low density Polyethylene. Sifat plastik ini lembek dan tipis sehingga mirip dengan kertas namun dengan kekuatan yang jauh lebih baik. Plastik kresek dan bungkus makanan ringan menggunakan plastik jenis ini.

Jenis plastik kelima adalah Polipropilen. Pengertian plastik jenis ini adalah sebuah plastik yang bisa menahan dan mencegah reaksi kimia serta panas. Sifat yang aman inilah yang menyebabkan plastik Polipropilen banyak dipakai sebagai wadah makanan yang disarankan. Plastik yang disingkat dengan kode angka 5 atau huruf PP ini sifatnya sangat lentur dan panas sehingga biasa dijadikan sebagai kotak wadah makanan atau minuman.

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.