Sekilas Info Mengenai Pabrik Plastik

Sekilas Info Mengenai Pabrik Plastik

Pabrik plastik merupakan tempat dimana berbagai produk plastik dihasilkan. Hasil produksi dari pabrik plastik ini dapat mencakup bidang yang sangat luas karena produk-produk tersebut diperlukan dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Contoh hasil produksi plastik yang dapat kita temui sehari-hari antara lain popok sekali pakai atau diapers, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan sekolah, mainan anak-anak hingga komponen otomotif.

Bahan dasar pembuatan produk-produk plastik tersebut adalah bahan mentah yang berasal dari alam seperti minyak bumi serta bahan-bahan kimia lain sebagai campuran hingga terbentuk hasil yang diinginkan. Tetapi kini, banyak pabrik plastik yang mulai menyadari perlunya “Go Green” atau ramah lingkungan dalam menjalankan produksi dan usahanya. Salah satu cara yang dilakukan adalah menggunakan biji plastik daur ulang yang berbentuk pellet, butiran atau serbuk sebagai salah satu bahan utama pembuatan barang-barang plastik hasil produksi mereka. Dalam pembuatan produknya, pabrik plastik memiliki beberapa teknik seperti injeksi molding, mempolimerisasi dan teknik-teknik lainnya. Sebuah pabrik plastik dapat menghasilkan berbagai macam hasil produksi mulai dari sikat gigi, botol minuman, wadah makanan hingga kantong plastik..

Pabrik plastik membutuhkan panas untuk menghasilkan hasil produksinya yang berupa berbagai macam plastic ware atau barang-barang plastik. Jadi, jika Anda tertarik untuk bekerja di pabrik plastik, bersiap-siaplah untuk senantiasa berada di lingkungan dalam pabrik yang senantiasa terasa hangat bahkan agak panas.
Jenis Plastik Yang Diproduksi oleh Pabrik Plastik
Pada dasarnya ada 2 jenis plastik yang dihasilkan oleh pabrik plastik yaitu :
1. Thermoplastic
Merupakan jenis plastik yang mempertahankan sifat aslinya, dalam arti ia akan meleleh jika dipanaskan dan mengeras jika didinginkan. Contoh produk yang termasuk dalam jenis thermoplastic antara lain perlengkapan rumah tangga, kantong kresek, mainan anak-anak, wadah makanan, botol minuman dan masih banyak lagi.

2. Thermoset
Merupakan kebalikan dari thermoplastic dimana ia tidak mempertahankan sifat aslinya ketika dipanaskan. Jenis plastik ini tidak akan berubah walaupun terkena panas sekalipun. Jika terpapar pada suhu yang cukup tinggi, jenis plastik thermoset akan hangus terbakar atau bisa juga pecah, tetapi tidak meleleh. Umumnya, jenis plastik thermoset ini digunakan pada pabrik plastik yang menghasilkan produk-produk yang digunakan dalam bidang otomotif maupun komponen perumahan.
Teknik Pembuatan Plastik Di Pabrik Plastik
Penggunaan produk plastik pada industri manufaktur kini makin marak, salah satu alasannya adalah karena produk plastik bernilai ekonomis tinggi serta merupakan produk serbaguna. Teknologi yang kini berkembang juga mendukung terciptanya produk dengan kuantitas dan kualitas tinggi. Salah satu cara pembuatan plastik yang kini banyak digunakan oleh pengusaha adalah teknik injeksi molding. Teknik ini tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan; namun karena teknik ini dapat menghasilkan produk dengan bentuk yang sama secara cepat dan dalam jumlah yang besar, tenaga kerja yang dibutuhkan relatif sedikit serta sisa buangan bahan baku hanya sedikit, maka hal ini tentu saja merupakan kelebihan yang patut dipertimbangkan. Adapun kekurangan mesin jenis ini adalah biaya pembelian maupun perawatan alat relatif tinggi.

Secara singkat dapat kita jelaskan bahwa teknik injeksi molding adalah teknik pembuatan produk plastik dengan cara melelehkan plastik jenis termostat dengan cara dipanaskan kemudian dengan menggunakan plunger, material cair tersebut diinjeksikan ke dalam cetakan sesuai dengan bentuk dan ukuran yang sudah ditentukan lalu didinginkan hingga mengeras menjadi bentuk seperti yang dinginkan. Contoh produk yang biasa dibuat dengan teknik ini antara lain panel televisi, pesawat telepon, mouse, keyboard dan lain sebagainya.

 

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.