Sekilas Cara Membuat Plastik

Cara Membuat Plastik dari Bahan Baku Sampai Terbentuk

Tahukah Anda cara membuat plastik? Plastik sering kali ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah kantong plastik yang kerap kita gunakan untuk membungkus makanan atau menenteng barang belanjaan. Plastik seringkali dianggap barang yang sepele, karena setelah dipakai dibuang begitu saja menjadi sampah. Sebagian besar sampah rumah tangga berupa plastik yang tak terpakai lagi. Walaupun sering dianggap merusak lingkungan karena susah terurai, plastik masih menjadi andalan dalam kehidupan karena harganya yang murah dan mudah di dapat. Sampai saat ini belum ada satupun yang bisa menggantikan kedudukan plastik. Karena sifatnya yang susah terurai, alangkah bijaksananya kalau kita cermat dalam menggunakannya. Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat plastik.

Cara Membuat Plastik

Cara Membuat Plastik

Bahan Pembuat Plastik.

Bahan dasar pembuat plastik adalah biji plastik. Biji plastik menurut asalnyanya terbagi atas dua jenis, yakni biji plastik murni dan biji plastik daur ulang. Biji plastik murni berbahan dasar styrin monomer yang bercampur dengan bahan kimia lain. Kebanyakan biji plastik murni ini masih diimpor dan tentu saja harganya jauh lebih mahal. Biji plastik daur ulang merupakan biji plastik yang diperoleh dari hasil daur ulang sampah plastik. Dibersihkan dan kemudian dicacah lagi menjadi biji plastik. Untuk membuat kantong plastik kresek bahan baku utamanya adalah HDPE (high density polyethylen). Bahan baku produksi bisa berbentuk murni HDPE atau pun campuran dari yang hasil daur ulang, tergantung kebutuhan. Bahan lain yang digunakan dalam cara membuat plastik adalah bahan pewarna plastik. Bahan pewarna bisa macam-macam tergantung kebutuhan warna apa, bisa merah, kuning, hijau, biru, dan sebagainya.

Alat pembuat Plastik.

Dalam cara membuat plastik tentu juga diperlukan alat/ mesin pembuat plastik. Mesin yang digunakan antara lain adalah, mesin pengaduk, mesin blowing, mesin potong, mesin plang, mesin pencacah plastik dan mesin pelet.

Cara Membuat Plastik

Bahan-bahan dicampur dengan mesin pengaduk. Setelah dicampur merata, maka tahap berikutnya adalah melumerkan bahan dan menjadi kantong plastik dengan menggunakan mesin blower. Suhu yang diperlukan untuk melumerkan bahan adalah sekitar 200 derajat Celcius, tergantung kualitas bahan. Apakah bahan merupakan biji plastik murni atau bahan campuran. Ukuran plastik bisa diatur  mulai dari ketebalan, lebar, dan kemudian digulung secara otomatis menjadi gulungan (rol) plastik. Gulungan plastik yang sudah siap, dipotong menggunakan mesin pemotong plastik. Panjangnya juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan. Ada mesin potong yang lebih canggih yaitu setiap kelipatan tertentu akan langsung dilipat  dan siap dimasukkan ke dalam bungkus. Plastik yang telah dipotong membentuk persegi panjang. Supaya plastik mempunyai pegangan untuk mudah dibawa, langkah selanjutnya adalah pemotongan plastik dengan menggunakan mesin plong. Bentuk dan ukuran bisa diatur sesuai ukuran. Proses pembuatan plastik pun sudah selesai. Kadang dalam proses pembuatan kantong plastik, dihasilkan produk sisa. Setiap mesin menghasilkan produk sisa yang disebut aval. Dibutuhkan mesin pencacah untuk membantu proses penghancuran supaya lebih halus, aval yang telah dihancurkan siap diolah menggunakan mesin pelet. Hasilnya adalah biji plastik berkualitas rendah, sedang, dan tinggi.

Demikianlah proses pembuatan kantong plastik. Cukup mudah bukan? Untuk produk plastik lainnya terutama jenis plastik thermoset biasanya menggunakn teknik yang lebih canggih. Yaitu yang dikenal dengan nama injeksi moulding. Mesin ini lebih mudah dalam membentuk produk yang diinginkan serta hasil yang dicapai lebih masif.

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.