Prospek Bisnis Plastik HDPE Yang Sangat Cerah

Prospek Bisnis Plastik HDPE Yang Sangat Cerah

plastik hdpe

Ada banyak sekali jenis plastik yang tersedia di pasaran saat ini dan salah satunya adalah Plastik HDPE. HDPE sendiri adalah sebuah singkatan yang berarti High Density Polyethylene atau yang umum dikenal sebagai polietilena Termoplastik. Plastik jenis ini merupakan plastik yang dibuat dari minyak bumi. Untuk membuat satu kilogram plastik HDPE, dibutuhkan sekitar 1,75 kilogram minyak bumi. Plastik HDPE ini merupakan jenis plastik yang bisa didaur ulang sehingga plastik ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi pemakaian plastik yang sangat masif di era sekarang. HDPE sendiri memiliki simbol angka 2 untuk kode daur ulangnya. Hingga pada tahun 2007, tercatat pemakaian plastik HDPE di seluruh Indonesia mencapai 30 ton. Hal ini menjadikan bisnis daur ulang plastik HDPE bisa dibilang sangat menjanjikan.

Salah satu kualitas yang dimiliki oleh Plastik HDPE ini adalah daya tahan yang baik terhadap bahan kimia. Kemampuan daya tahan plastik HDPE terhadap bahan kimia menjadikan plastik jenis polimer ini banyak diaplikasikan dalam kehidupan sehari – hari. Beberapa jenis pemanfaatan plastik HDPE diantaranya adalah digunakan sebagai kemasan cairan pembersih rumahan, digunakan sebagai kemasan susu, digunakan sebagai bahan baku perlengkapan rumah tangga dari mulai meja hingga kursi, digunakan sebagai tangki bahan bakar, kantong plastik, digunakan di industri atau pabrik – pabrik sebagai wadah bahan kimia, digunakan sebagai wadah atau botol penyimpanan cairan kimia di laboratorium, digunakan dalam sistem pipa penyaluran gas alam, pembungkus kabel, pipa air, hingga digunakan sebagai material untuk mainan anak seperti seluncur salju. Beberapa sifat utama atau keunggulan dari plastik HDPE diantaranya adalah tidak mudah jebol, tidak berbau, memiliki sifat yang sedikit fleksibel sehingga tidak mudah dipatahkan, tidak berbintik, serta bisa diproduksi dengan berbagai warna yang diinginkan dari mulai warna cerah, transparan, hingga warna yang bermotif atau salur.

Prospek Bisnis Daur Ulang Plastik HDPE Yang Cerah

Pemakaian plastik HDPE yang sangat luas dalam kehidupan masyarakat modern menjadikan peluang bisnis daur ulang Plastik HDPE ini bisa dibilang sangat bagus. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa bisnis daur ulang HDPE bisa sangat menjanjikan:

Pemakaian plastik jenis Plastik HDPE masih sangat masif di dunia terutama di Indonesia sehingga jumlah barang atau perlengkapan yang menggunakan bahan baku plastik HDPE masih sangat banyak. Pemakaian yang banyak dan masif tentunya menjadikan sampah plastik HDPE juga semakin bertumpuk. Sampah yang semakin menumpuk sementara kebutuhan akan plastik HDPE yang terus meningkat membuat prospek bisnis daur ulang plastik HDPE menjadi semakin cerah.
Modal awal untuk memulai usaha daur ulang plastik HDPE bisa dibilang tidak terlalu besar. Anda bisa memulainya dengan sebuah usaha pengumpulan sampah plastik Plastik HDPE yang tidak membutuhkan biaya yang besar. Atau bagi Anda yang memiliki modal sedikit lebih tinggi, bisa mencoba menjadi agen pengolahan plastik HDPE menjadi palet atau biji plastik plastik HDPE siap olah. Pengolahan limbah plastik HDPE menjadi biji plastik HDPE hanya membutuhkan mesin – mesin sederhana yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di Indonesia.
Sekarang masyarakat semakin mengerti arti penting menjaga lingkungan sehingga mereka cenderung lebih menyukai produk – produk yang ramah lingkungan. Plastik Plastik HDPE hasil daur ulang termasuk dalam produk yang ramah lingkungan karena produk ini bisa mendayagunakan sampah – sampah plastik HDPE yang berpotensi mencemari lingkungan sehingga menjadi benda – benda yang layak untuk digunakan kembali.

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.