Plastik HDPE: Hal-hal Yang Perlu Anda Ketahui

Plastik HDPE: Hal-hal Yang Perlu Anda Ketahui

Plastik HDPE disebutkan sebagai jenis plastik yang paling banyak digunakan untuk membuat berbagai macam produk (khususnya botol plastik) di negara Amerika Serikat. Jenis plastik ini juga dikenal sebagai plastik dengan simbol angka 2 dan merupakan jenis plastik yang berada di urutan kedua paling banyak digunakan setelah plastik jenis PET atau PETE.

Kenyataannya, sebagian besar produk plastik yang kita gunakan sehari-hari mayoritas terbuat dari plastik HDPE atau High Density Polyethylene terutama produk perlengkapan rumah tangga seperti botol susu, lunch box atau tempat makan, tempat minum, kantong kresek, botol detergen, botol pemutih, botol pelembut pakaian dan masih banyak lagi.

Jenis plastik yang satu ini umumnya berwarna buram, tetapi ada juga yang berwarna semi transparan walaupun produknya dapat tampil dalam berbagai warna sesuai dengan merek dagang produk yang diusungnya. Salah satu kelebihan dari plastik HDPE adalah terbukti awet atau tahan lama. Produk-produk plastik HDPE (terutama wadah makanan dan minuman) sengaja dibuat agar dapat bertahan hingga suhu 110 °C sehingga cocok jika digunakan untuk memanaskan makanan di dalama microwave.
Plastik HDPE dan BPA
Sekarang Anda sudah mulai mengenal sedikit mengenai plastik HDPE, tetapi apakah Anda tahu apa itu BPA? BPA atau Bisphenol-A adalah bahan kimia yang umum dicampurkan pada pembuatan wadah plastik yang biasa dipakai sebagai wadah makanan dan tempat minum dengan simbol angka 7. Penelitian membuktikan bahwa BPA ternyata dapat mencemari makanan maupun minuman yang kita simpan dalam wadah plastik yang pembuatannya mengandung bahan kimia tersebut. Akibat dari kontaminasi BPA ke dalam makanan atau minuman yang masuk ke dalam jaringan tubuh manusia adalah munculnya masalah kesehatan terutama yang berhubungan dengan otak dan kelenjar prostat.

Dengan adanya temuan tersebut, sangat dianjurkan agar masyarakat cerdas dalam memilih wadah plastik yang mereka gunakan sehari-hari. Pilih wadah plastik HDPE yang berkualitas dan tidak mengandung BPA demi kesehatan terutama untuk kesehatan jangka panjang. Untuk mengetahui sebuah produk plastik mengandung BPA atau tidak, biasanya ditandai dengan tulisan “BPA-free”. Pastikan bahwa wadah plastik yang Anda gunakan terbuat dari plastik HDPE dan bebas BPA, terutama untuk peralatan makan, perlengkapan minum maupun tempat bekal bayi dan anak-anak.
Plastik HDPE Sebagai Kantong Plastik
Selain digunakan sebagai wadah makanan dan botol minuman, plastik HDPE juga banyak digunakan sebagai kantong plastik. Bentuknya bisa beraneka ragam sesuai dengan keinginan pihak pemakainya. Berikut beberapa contoh plastik HDPE dalam bentuknya sebagai kantong plastik yang umum kita jumpai di pasaran:
– Plastik Roll
Jenis ini biasa kita jumpai di swalayan-swalayan, terutama di bagian buah dan sayur. Plastik HDPE ini berupa kantong plastik gulungan yang dapat kita robek untuk digunakan sebagai pembungkus sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan.

– Kantong Kresek
Berfungsi sebagai tas baik kantong kresek biasa seperti yang umum kita jumpai ketika berbelanja di warung, pasar maupun swalayan, juga tampil cantik sebagai tas dalam beragam bentuk, warna dan ukuran untuk pembungkus produk fashion, kuliner, kue dan roti, dan masih banyak lagi. Jenis ini merupakan media promosi dari pemilik produk. Dengan model dan warna warni desain yang apik, plastik HDPE dapat tampil cantik untuk mewakili produk yang dibawanya.

– Kantong Anti Panas
Plastik HDPE yang satu ini khusus dibuat untuk membungkus makanan atau minuman yang masih panas seperti pada penjual bakso, mie ayam dan lain-lain.

– Plastik Sheet
Plastik HDPE yang berupa lembaran tipis dengan ukuran tertentu. Ada yang menggunakannya sebagai alas makanan hingga pembatas atau penutup tanaman
Semoga informasi mengenai plastik HDPE di atas bermanfaat untuk Anda.

 

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.