Pengolahan Limbah Plastik Ramah Lingkungan

Pengolahan Limbah Plastik dengan Pengolahan Modern

Sebagai sampah yang sulit hancur dalam waktu pendek, pengolahan limbah plastik bisa menjadi solusi yang paling tepat untuk mengurangi efek pencemaran dari bahan yang satu ini. Plastik sendiri adalah sebuah material yang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Jika Anda melihat ke sekeliling rumah atau lingkungan Anda, maka Anda akan menemukan banyak sekali produk yang menggunakan plastik sebagai bahan utamanya. Dari mulai sikat gigi hingga kemasan makanan atau minuman kebanyakan menggunakan bahan plastik. Karena banyaknya sampah plastik yang ada di lingkungan, maka pengolahan limbah plastik ini menjadi sebuah langkah yang baik untuk mencegah pencemaran sampah yang parah. Dengan mengolah sampah plastik menjadi barang yang baru diharapkan jumlah sampah plastik yang mencemari lingkungan bisa dikurangi secara signifikan.

Pengolahan Limbah Plastik

Pengolahan Limbah Plastik

Salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik di lingkungan adalah dengan memanfaatkan pengolahan limbah plastik sehingga sampah – sampah plastik yang tidak berguna bisa diolah kembali menjadi barang – barang baru yang lebih berguna. Kebanyakan masyarakat awam akan menganggap sampah plastik sudah diurus oleh para pemulung atau petugas kebersihan sehingga mereka cenderung membuang sampah plastik secara sembarangan. Namun kenyataannya, Anda sebagai orang awam juga bisa membantu proses daur ulang plastik agar lebih mudah.

Cara membantu pengolahan limbah plastik yang paling sederhana adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Para pemulung yang biasanya mengumpulkan sampah plastik biasanya akan mencari plastik bekas di area pembuangan sampah. Membuang sampah plastik di tempat sampah khusus anorganik akan memudahkan para pemulung dan pengumpul sampah plastik untuk mendaur ulang plastik – plastik tersebut. Membuang sampah sembarangan hanya akan mencemari tanah karena sebagian besar sampah plastik yang dibuang sembarangan tidak akan terdaur ulang. Akan lebih baik lagi jika Anda menyediakan tempat sampah khusus untuk sampah plastik. Membedakan tempat sampah plastik dengan sampah organik merupakan salah satu langkah yang baik untuk membantu pengolahan limbah plastik.

Pengolahan Limbah Plastik

Pengolahan Limbah Plastik

Secara garis besar ada tiga metode daur ulang dan pengolahan limbah plastik yang sekarang sedang banyak digalakkan untuk mencegah bertambahnya limbah plastik. Yang pertama adalah reuse atau menggunakan kembali, jadi beberapa sampah plastik yang digunakan sebagai wadah atau bungkus bisa Anda manfaatkan ulang sehingga tidak terbuang dengan percuma. Misalnya saja sampah kantong plastik. Kantong plastik merupakan sampah plastik paling banyak yang ditemui di Indonesia. Anda bisa menggunakan kembali sampah plastik tersebut dengan cara menyimpannya. Kantong – kantong plastik tersebut bisa Anda pergunakan kembali sebagai kantong belanjaan atau dipakai sebagai kantong sampah. Cara penggunaan kembali yang juga populer adalah botol plastik. Botol plastik ini kerap dipakai sebagai tempat minuman yang baru setelah isinya habis. Namun bahayanya adalah tidak semua botol plastik aman untuk dipakai sebagai tempat minuman berkali – kali. Botol minuman untuk minuman ringan misalnya, hanya bisa dipakai untuk menyimpan minuman sekali setelah itu Anda harus membuangnya. Namun untuk mengurangi limbah, Anda bisa mempergunakan kembali botol – botol plastik ini sebagai tempat minyak goreng, tempat oli bekas, dimanfaatkan sebagai pot tanaman, diubah menjadi kap lampu, dan masih banyak lagi.

Cara pengolahan limbah plastik selanjutnya adalah dengan metode reduce. Sebenarnya reduce adalah sebuah gerakan untuk mengurangi limbah plastik dengan mengurangi pemakaian benda atau barang – barang yang terbuat dari plastik. Reduce berkaitan erat dengan reduse dimana Anda bisa menggunakan kembali plastik – plastik yang sudah dipakai.

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.