Peluang Usaha Toko Plastik

Peluang Usaha Toko Plastik

Toko plastik mungkin merupakan sebuah peluang usaha yang tidak terpikir oleh Anda. Tetapi, Tahukah Anda bahwa untuk saat ini, peluang usaha toko plastik masih sangat menjanjikan. Hal ini dilatarbelakangi oleh berbagai hal termasuk konsumsi dan kebutuhan masyarakat akan plastik yang masih sangat tinggi.

Plastik sendiri tidak dapat kita lepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari peralatan rumah tangga sederhana yang kita pakai sehari-hari seperti gayung, pengki, wadah makanan hingga ke kantong plastik yang kita gunakan ketika membeli di warung, di pasar bahkan di supermarket. Selain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara umum, plastik juga dibutuhkan oleh berbagai instansi seperti sekolah, rumah sakit, hotel, gedung perkantoran, apartemen dan lain sebagainya. Bayangkan jika kita dapat membuka toko plastik untuk memenuhi kebutuhan harian instansi-instansi tersebut akan plastik, berapa besar keuntungan yang dapat kita raih dari sekedar berjualan plastik?
Mengapa Memilih Usaha Toko Plastik?
Anda mungkin bertanya mengapa saya harus membuka toko plastik, bukan toko lainnya? Berikut beberapa hal yang akan membantu Anda memutuskan mengapa toko plastik merupakan pilihan tepat untuk usaha Anda:
– Tingginya tingkat kebutuhan masyarakat akan plastik
Masyarakat kita hingga beberapa dekade ke depan masih akan sangat bergantung pada plastik, untuk iitu membuka toko plastik untuk memenuhi kebutuhan tersebut merupakan pilihan yang tepat karena Anda tidak perlu susah payah mempromosikan produk. Masyarakat sendiri akan mencari produk yang Anda tawarkan.
– Modal yang dibutuhkan untuk membuka toko plastik relatif kecil
– Produk yang Anda jual akan bertahan selama bertahun-tahun dan tidak akan mengalami penurunan mutu. Jadi, sekalipun disimpan lama, produk masih tetap laku di pasaran.
Pertimbangan Sebelum Membuka Toko Plastik
Tetapi tentu saja, sebelum Anda memulai usaha membuka toko plastik, Anda harus memikirkan dan mempertimbangkan berbagai hal demi kelangsungan dan kesuksesan usaha Anda nantinya. Nah, beberapa tips di bawah ini diharapkan dapat membantu Anda dalam persiapan membuka toko plastik yang Anda inginkan.

– Tentukan Pasar
Pasar di sini adalah konsumen tujuan penjualan toko plastik Anda. Apakah Anda ingin menjual produk untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, industri, kebutuhan pasar tradisional atau instansi-instansi seperti yang sudah disebutkan di atas. Masing-masing pasar yang Anda pilih memiliki kebutuhan produk yang berbeda, sehingga dari awal Anda harus menentukan pasar yang ingin Anda tuju demi kelancaran usaha toko plastik yang akan Anda mulai.

– Spesialisasi Produk
Setelah menentukan konsumen yang ingin Anda tuju, tentunya Anda harus memilih jenis produk plastik yang tepat sesuai dengan yang dibutuhkan oleh pasar yang sudah Anda pilih. Jenis plastik seperti kantong kresek dalam berbagai ukuran, kantong kemasan dalam berbagai ukuran baik yang berbentuk rol maupun satuan, plastik klip, plastik es lilin dan lain sebagainya tentunya lebih mengarah untuk memenuhi kebutuhan plastik rumah tangga dan pasar tradisional. Jenis plastik PVS, bubble sheet, tali rafia serta plastik foam sheet lebih sesuai untuk memenuhi kebutuhan industri.

– Modal
Hal yang satu ini tentunya merupakan salah satu faktor utama penentu keberhasilan toko plastik Anda, karena tanpa modal yang memadai, Anda tidak dapat mewujudkan mimpi Anda membuka toko plastik.
Modal yang Anda perlukan antara lain akan digunakan tentu saja untuk membeli produk, menyewa tempat (jika Anda tidak dapat menggunakan rumah Anda sebagai tempat berjualan) , membayar pegawai (jika Anda ingin membuka toko plastik berskala menengah dan besar) serta biaya-biaya lainnya. Perkiraan modal yang diperlukan untuk membuka toko plastik adalah antara 5 juta hingga 10 juta rupiah.

– Pemasaran dan Promosi
Salah satu faktor penting dalam usaha toko plastik Anda adalah memberikan harga yang bersaing. Usahakan agar harga plastik yang Anda tawarkan membuat konsumen ingin terus membeli produk dari Anda karena selain harga yang Anda tawarkan relatif murah, kualitas produk yang baik, ditambah layanan lain yang tidak diberikan oleh toko plastik lain, misalnya program poin, dengan pembelian jumlah tertentu, pelanggan akan mendapatkan bonus sesuai yang Anda tentukan dan lain sebagainya.
Selain itu, Anda juga dapat mempromosikan toko plastik Anda melalui iklan-iklan baik secara offline maupun online. Hal ini untuk meningkatkan jumlah penjualan yang berbanding lurus dengan jumlah penghasilan Anda. Usahakan agar Anda hanya menjual produk dengan kualitas yang baik dan membeli dari distributor terpercaya.

Nah, semoga tips di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin segera mewujudkan mimpi Anda membuka toko plastik.

 

This entry was posted in Tips Usaha Plastik Untuk Pemula and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.