Mengenal Plastik HD Secara Lebih Dekat

Mengenal Plastik HD Secara Lebih Dekat

Plastik HD atau yang bernama lengkap HDPE (High-density Polyethylene) sepertinya merupakan salah satu jenis plastik yang paling sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari kita. Plastik jenis ini memang paling banyak digunakan sebagai plastik pembungkus maupun plastik tenteng yang biasa kita bawa ketika membeli sesuatu.

Sebagai pelanggan yang akan menggunakan plastik HD ada baiknya Anda memahami beberapa hal penting mengenai plastik jenis ini. Informasi tersebut akan sangat berguna bagi Anda baik produk tersebut akan Anda gunakan sendiri maupun untuk dijual kembali. Informasi apa saja yang perlu untuk kita ketahui mengenai plastik HD ini akan kita ulas di bawah ini.
Fakta Seputar Plastik HD
Plastik HD untuk saat ini tidak dapat kita lepaskan dari kehidupan kita sehari-hari. Hampir disetiap kegiatan yang kita lakukan, plastik jenis ini selalu ada di sekitar kita dan sangat kita butuhkan keberadaannya. Terlepas dari sifat plastik yang tidak ramah lingkungan karena membutuhkan waktu ratusan tahun untuk dapat terurai, jenis plastik HD tetap masih tinggi tingkat pemakaiannya, terutama untuk masyarakat kita.

Fakta apa saja yang perlu kita ketahui mengenai plastik HD ini? Simak ulasannya di bawah ini:
– Penggunaan Produk
Produk-produk yang menggunakan Plastik HD ada banyak jenisnya, diantaranya adalah kantong buah, plastik bening untuk membungkus makanan berkuah, shopping bag atau kantong tenteng, galon air minum, botol susu bayi (yang berwarna putih susu) dan lain sebagainya.
Produk yang menggunakan plastik HD biasanya diberi kode gambar segitiga dengan kode nomor 2. Untuk membantu Anda mengenali produk yang menggunakan plastik jenis ini adalah dengan melihat kode yang umumnya terdapat di bagian bawah produk.

– Sifat dan Karakteristik Plastik HD
– Plastik jenis ini memiliki sifat yang kuat dan keras selain juga elastis jika dibandingkan dengan plastik jenis lainnya seperti plastik PP atau plastik PE. Plastik jenis ini juga tahan terhadap suhu tinggi, oleh sebab itu banyak digunakan untuk pembungkus makanan berkuah yang biasanya masih panas.
– Memiliki warna yang lebih putih walaupun biasanya produk yang menggunakan plastik HD berwarna putih susu atau transparan.
– Termasuk jenis plastik yang aman karena terbukti mampu mencegah terjadinya reaksi kimia antara plastik dengan apapun yang dibungkusnya terutama dalam fungsinya sebagai pembungkus atau wadah makanan dan minuman.
– Plastik HD sebaiknya hanya digunakan untuk 1 kali pemakaian saja (terutama untuk produk pembungkus makanan) karena makin lama dapat menyebabkan meningkatnya senyawa antimoni trioksida yang dapat berakibat buruk pada kesehatan manusia dalam jangka panjang.
Beragam Ukuran Plastik HD
Produk yang umum kita gunakan yang berbahan dasar plastik HD adalah kantong kresek, shopping bag, kantong sampah, plastik sheet serta plastik roll yang banyak digunakan dalam bidang pertanian misalnya untuk memagari tanaman.

Plastik HD lebih banyak dipilih karena memang memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis plastik lain, yaitu warna produk plastik HD lebih rata, dapat dibuat menjadi produk yang sangat tipis sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan serta dapat dibuat sheet atau plastik pembungkus kado.

Ada beragam ukuran serta tingkatan plastik jenis ini yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Berikut kisaran dari ukuran dan ketebalan plastik HD yang umum kita jumpai di pasaran:
– Lebar : berkisar antara 9 – 140 cm
– Tebal : berkisar antara 0,02 – 0,05 mm

Umumnya, Anda dapat menjumpai plastik HD dalam warna putih, transparan, hitam dan merah.

Nah, dengan mempelajari sedikit informasi mengenai plastik HD seperti di atas, diharapkan Anda dapat memilih jenis plastik ini sesuai dengan kebutuhan Anda.

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , . Bookmark the permalink.