Mengenal Pabrik Plastik Surabaya

Teknik Pembuatan Plastik di Industri Plastik ; Pabrik Plastik Surabaya

Selain kawasan Jabodetabek, kawasan penghasil plastik untuk memenuhi kebutuhan nasional adalah pabrik plastik Surabaya. Hasil produksi pabrik plastik mencakup berbagai produk yang berguna dalam kehidupan mulai dari pembungkus makanan/ minuman, perlengkapan rumah tangga, mainan anak hingga komponen kendaraan. Bisa dikatakan plastik dekat dengan keseharian masyarakat. Ditinjau dari kegunaannya, plastik digolongkan menjadi dua golongan yaitu untuk keperluan umum dan keperluan industri.  Tak banyak yang tahu tentang pabrik penghasil plastik. Untuk itu mari kita mengenal pabrik plastik Surabaya tepatnya Arwana plastik.

Pabrik Plastik Surabaya

Pabrik Plastik Surabaya

Arwana Plastik adalah pabrikan yang memproduksi plastik untuk keperluan umum. Beberapa produk yang dihasilkan oleh pabrik plastik surabaya ini adalah: Plastik sablon, plastik buah, kantong plastik kiloan los pink, plastik PP, plastik sampah, sedotan plastik, tali rafia, plastik klip, dan kertas nasi. Bahan baku pembentuk produk-produk tersebut adalah biji-biji plastik yang berbahan dasar styrin monomer dengan campuran bahan kimia lain. Biji plastik ada yang diimpor langsung dari luar, ada yang  juga hasil dari daur ulang dari barang-barang plastik bekas pakai. Tentu saja biji plastik yang dimpor harganya lebih mahal dari biji plastik hasil daur ulang. Akan tetapi biji plastik hasil daur ulang membantu mengurangi pencemaran lingkungan karena seperti yang kita tahu, sampah plastik akan membutuhkan ratusan tahun terurai di alam. Dalam proses produksi, pabrik plastik Surabaya memiliki teknik seperti injeksi moulding, polimerisasi, dan sebagainya.

Pabrik Plastik Surabaya

Pabrik Plastik Surabaya

Suatu ciri umum pabrik plastik adalah dalam proses pembuatannya yakni membutuhkan panas. Panas ini dibutuhkan untuk melebur bahan mentah berupa biji-biji plastik untuk kemudian dibentuk menjadi plastik yang diinginkan. Ada 2 jenis plastik yang dihasilkan oleh pabrik plastik yaitu:

1. Thermoplastik

Merupakan jenis plastik yang mempertahankan sifat aslinya. Sifat-sifat termoplastik ini antara lain, tidak tahan panas, jika dipanaskan melunak dan didinginkan mengeras, mudah diregangkan, fleksibel, dapat didaur ulang. Contoh produk yang termasuk dalam jenis tehermoplastik ini adalah, kantong kresek, mainan, anak- anak, botol minuman dan lain sebagainya.

2. Thermoset

Merupakan kebalikan dari Thermoplastik, Sifat plastik jenis ini antara lain, keras dan kaku, jika dipanaskan akan mengeras, tidak dapat didaur ulang, tidak larut dalam pelarut apapun, tahan terhadap asam basa. Jenis plastik ini tidak akan berubah walau terkena panas sekalipun. Umumnya plastik jenis ini digunakan pada pabrik plastik yang meghasilkan produk-produk untuk otomotif, alat listrik seperti fitting lampu,  steker listrik, radio dan asbak.

Penggunaan produk plastik kini semakin marak karena produk plastik mempunyai nilai ekonomi tinggi dan merupakan produk yang serba guna. Seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang banyak produk plastik dengan kualitas tinggi dan diproduksi secara masal. Salah satu cara pembuatan plastik yang kini banyak digunakan adalah teknik injeksi moulding. Teknik ini mempunyai banyak kelebihan. Kelebihannya adalah dapat menghasilkan produk dengan bentuk yang sama secara cepat dan dan dalam jumlah yang cukup besar. Tenaga kerja yang diperlukan sedikit dan sisa buangan lebih sedikit. Akan tetapi harga pembelian mesin ini serta perawatannya cukup mahal. Secara singkat bisa dikatakan bahwa teknik injeksi moulding adalah teknik pembuatan produk plastik dengan cara melelehkan plastik jenis termostat dengan cara dipanaskan, kemudian dengan menggunakan plunger, material cair diinjeksikan ke dalam cetakan sesuai dengan bentuk dan ukuran yang sudah ditentukan lalu didinginkan sehingga akhirnya mengeras menjadi bentuk yang diinginkan. Contoh produk yang biasa dibuat dengan teknik ini antara lain, keyboard, mouse, peralatan fotografi, panel telepon dan lain-laian.

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.