Mengenal Jenis-Jenis Plastik Beserta Kegunaannya

Mengenal Jenis-Jenis Plastik Beserta Kegunaannya

Mengenal jenis-jenis plastik yang beredar di pasaran, merupakan hal yang sangat penting untuk kita lakukan terutama ketika kita harus membuat keputusan dalam memilih produk yang akan kita gunakan untuk keluarga dan rumah tangga kita. Seperti kita ketahui, beragam jenis plastik dapat dengan mudah kita temukan di pasaran. Mulai dari plastik yang ditawarkan dengan harga yang murah hingga yang berkualitas tinggi dan ditawarkan dengan harga yang relatif mahal. Masyarakat awam banyak yang kurang paham mengenai jenis-jenis plastik serta dampaknya bagi kesehatan mereka jika tidak digunakan secara tepat.

Pada dasarnya, secara garis besar plastik dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:
1. Termoset (Thermoset) atau Thermosetting Plastic
Plastik jenis ini tidak mempertahankan sifat aslinya. Jika dipanaskan dan dibiarkan menjadi dingin hingga mengeras kembali, jenis ini akan mempertahankan bentuknya tetapi tidak dapat ke bentuk aslinya. Plastik thermoset merupakan plastik yang kuat, keras dan tahan lama. Jenis ini umum digunakan pada industri otomotif, pesawat serta pabrik ban.

Contoh jenis-jenis plastik yang termasuk dalam kategori ini antara lain:
– Polyurethane (PU)
Merupakan jenis plastik yang ringan, tahan panas dan tahan gesekan. Digunakan pada produk alas kaki, papan selancar, bagian bawah karpet, lem dan perekat dengan daya rekat tinggi dan lain-lain

– Epoxide Resins (EP)
Karena sifatnya yang dapat dibentuk menjadi berbagai produk dengan komposisi bahan yang unik, janis plastik ini banyak digunakan berbagai industri seperti industri, otomotif, makanan dan minuman, perikanan, otomotif bahkan industri pembuatan pesawat terbangpun banyak menggunakan jenis ini.

– Unsaturated polyester resins (UP)
Memiliki sifat ringan, kuat, kaku serta tahan terhadap bahan kimia. Digunakan untuk genteng serta memoles permukaan dapur dan kamar mandi.

– Polytetrafluoroethylene (PTFE)
Digunakan sebagai pelapis panci dan alat masak lain yang sifatnya anti lengket selain digunakan sebagai pelumas yang mampu mengurangi gesekan pada mesin, mengurangi pemakaian bahan bakar serta membuat mesin tahan lama karena tidak cepat aus.

2. Thermoplastic
Merupakan jenis plastik yang lebih lentur dari plastik thermoset. Jenis ini dapat menjadi lentur dan lembut jika dipanaskan dan akan kembali ke bentuk asalnya. Thermoplastic mudah dibentuk dan dibentuk menjadi serat, lempengan tipis (film) serta dijadikan kemasan produk.

Contoh jenis-jenis plastik yang termasuk dalam kategori ini antara lain:
– Acrylonitrile butadiene styrene (ABS)
Merupakan jenis plastik yang kuat dan tahan lama bahkan ketika berada pada suhu yang sangat rendah. Jenis ini memiliki daya tahan yang baik terhadap panas dan bahan-bahan kimia

– Polyethylene terephthalate (PET/PETE)
Jenis plastik yang sangat mudah untuk dibentuk baik dengan cara ‘blow moulding’ ataupun ‘injection’ menjadi berbagai jenis produk dan kemasan. Contoh produk yang mudah kita jumpai yang terbuat dari jenis plastik ini antara lain botol minuman, kertas timah pembungkus biskuit, permen, kacang dan lain sebagainya.

– Polycarbonate (PC)
Jenis plastik ini memiliki keunggulan antara lain sangat bening, sangat kuat dan sangat tahan terhadap panas selain mudah untuk dibentuk. PC banyak digunakan di industri otomotif contohnya kaca spion, lampu kabut, lampu sen dan lain-lain. Selain itu industri elektronik juga banyak menggunakan jenis plastik ini misalnya untuk pada produk pengering rambut, mixer maupun kulkas.

– Polystyrene (PS)
Jenis plastik yang satu ini memiliki sifat ringan, merupakan penghantar panas yang baik serta kedap air. Jika digunakan pada kemasan makanan atau minuman, produk yang terbuat dari jenis plastik tidak akan bocor.

– Expanded polystyrene (EPS)
Merupakan jenis plastik yang ringan, kuat serta dapat menahan panas dengan baik. Banyak digunakan sebagai kemasan makanan serta dalam industri konstruksi bangunan.

– Polyvinyl chloride (PVC)
Merupakan jenis plastik yang awet, ringan, kuat, tahan api, serta memiliki sifat isolasi yang sangat baik. Contoh produk yang terbuat dari PVC antara lain kantong darah, sarung tangan untuk operasi, selang infus, kabel, kursi lipat, dan masih banyak lagi.

– Poly methyl methacrylate (PMMA)
Lebih dikenal dengan nama akrilik. Tersedia dalam berbagai macam warna baik yang bersifat buram maupun jernih atau bening. Jenis plastik ini sangat tahan lama serta tahan terhadap sinar matahari. Karena tingkat kejernihannya bisa sejernih gelas, akrilik sering digunakan pada kamera juga akuarium. Akrilik dengan kualitas super digunakan sebagai jendela pesawat.

 

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.