Mengenal Dan Memaksimalkan Fungsi Plastik OPP

Mengenal Dan Memaksimalkan Fungsi Plastik OPP

Plastik OPP mungkin merupakan kata yang jarang Anda dengar. Tetapi Tahukah Anda bahwa hampir setiap hari Anda berhubungan dengan jenis plastik yang satu ini? Ya, plastik OPP memang merupakan jenis plastik yang banyak digunakan sebagai kemasan atau pembungkus berbagai macam jenis produk seperti makanan (terutama kue dan roti), pakaian maupun Compact Disc (CD).

Bagi mereka yang bergerak di bidang kuliner seperti katering, plastik OPP merupakan sahabat yang senantiasa siap membantu sebagai wadah sayur, bungkus krupuk maupun tempat sambal pada nasi kotak. Lalu, apa sih sebenarnya plastik OPP ini? Apakah fungsinya hanya untuk membungkus makanan dan pakaian saja? Silahkan terus simak ulasan di bawah ini untuk mengenal plastik OPP secara lebih dekat dan detil.

Apa Itu Plastik OPP?
Bagi Anda yang belum mengetahui maupun kurang mengerti mengenai plastik OPP, mari kita bersama-sama belajar memahami produk tersebut serta memanfaatkan sifatnya secara maksimal untuk kepentingan kita dan sesama.

Plastik OPP atau kepanjangannya Oriented Polypropylene. Jenis plastik ini sengaja dibuat dengan cara tertentu agar menghasilkan plastik bening atau tembus pandang dan jernih, berkualitas baik, kuat dan agak kaku namun lembut dan fleksibel. Pada dasarnya plastik OPP banyak digunakan sebagai kemasan baik makanan maupun pakaian selain untuk membungkus undangan atau kartu ucapan. Karena sifatnya yang bening dan agak kaku, jenis plastik ini memiliki kemampuan untuk membuat produk terlihat lebih rapi, cantik dan profesional.

Dalam prakteknya, plastik OPP dibagi menjadi 2 macam yaitu plastik OPP berperekat (memiliki seal) dan tidak berperekat. Jenis yang menggunakan perekat biasanya dijual dengan hitungan per lembar sedangkan jenis yang tidak menggunakan perekat dijual per kg.

Plastik OPP dapat disablon dengan beberapa jenis warna yang berbeda untuk lebih mempercantik dan memperindah produk yang ditawarkan. Selain itu, sablon pada plastik OPP berguna untuk mempromosikan perusahaan pembuat produk yang ditawarkan tersebut agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Beberapa Jenis Plastik OPP
Berikut beberapa jenis plastik OPP yang dapat Anda pilih sebagai kemasan produk yang Anda jual. Gambar di bawah ini akan memperjelas bagaimana bentuk plastik OPP yang nantinya dapat Anda pilih sebagai kemasan produk Anda.
Sumber: http://www.theplasticbagcompany.co.uk/wp-content/uploads/2012/04/plastic-bag-types1.jpg

1. Flush Top
Jenis ini berupa kantong plastik biasa dimana bagian atas terbuka sejajar atau sama rata.

2. Loose Flap
Plastik OPP jenis ini berbentuk kotak dimana bagian atasnya memiliki lipatan seperti tutup amplop sebagai penyegel produk. Dapat kita jumpai pada kemasan T-shirt, CD dan lain-lain.

3. Bott Gusset
Jenis ini memiliki lipatan pada bagian bawah; dapat kita jumpai pada berbagai kemasan isi ulang kecap, pengharum pakaian, minyak goreng dan lain sebagainya.

4. Side Gusset
Kedua bagian samping memiliki lipatan. Jenis ini umumnya dipakai sebagai kemasan biskuit, permen, kopi bubuk, hingga kemasan makanan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing.

5. Lateral Seal (Berperekat)
Plastik OPP yang bagian sisi atasnya memiliki perekat yang mudah dibuka dan ditutup kembali. Produk makanan berupa kue dan roti dapat menggunakan plastik jenis ini.

6. Hook Bag
Plastik OPP yang memiliki pengait atau semacam gantungan pada bagian atasnya. Paling sesuai untuk kemasan pakaian, kaos kaki dan semacamnya.

7. Handle Bag
Kemasan plastik bening dengan pegangan pada bagian atasnya. Produk kemasan ini sesuai untuk mengemas hasil industri garmen seperti kemeja, kaos, dan lain-lain.
Nah, kini Anda dapat segera menentukan dan memilih kemasan yang paling tepat untuk produk yang ingin Anda jual berdasarkan beberapa jenis kemasan plastik OPP di atas. Dengan desain sablon yang baik pada kemasan yang Anda tentukan, maka Anda berpotensi mengenalkan usaha Anda ke masyarakat sekaligus memiliki peluang untuk makin memajukan dan mengembangkan perusahaan, hanya dengan memilih jenis plastik OPP yang paling tepat. Semoga berhasil.

 

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.