Mari Mengenal Biji Plastik

Mari Mengenal Biji Plastik

Biji plastik mungkin merupakan bahan yang tidak diketahui oleh semua orang. Bahan yang umumnya berupa butiran-butiran berwarna putih bening ini merupakan bahan utama pembuatan produk-produk yang berbahan dasar plastik baik produk rumah tangga, produk elektronik, produk otomotif maupun produk yang lain.

Biji plastik sendiri pada dasarnya berasal dari bahan kimia yang bernama styrin monomer. Bahan utama tersebut kemudian dicampur dengan bahan kimia lain dan melalui proses pemanasan yang akhirnya berbentuk seperti silinder memanjang yang cair yang kemudian dibuat menjadi keras untuk dipotong-potong sesuai ukuran yang dikehendaki.

Macam-Macam Biji Plastik
Berbicara mengenai biji plastik, sebaiknya Anda ketahui bahwa ternyata biji plastik ada 2 macam yaitu:
– Biji Plastik Asli
Biji plastik yang berasal dari styrin monomer yang telah melalui proses seperti yang disebutkan di atas. Biji plastik jenis ini biasanya masih diimpor dari luar negeri sehingga harganya masih relatif tinggi, terutama dengan nilai tukar Dollar yang sedang tinggi seperti saat ini

– Biji Plastik Daur Ulang (Recycle)
Merupakan biji plastik yang berasal dari sampah plastik yang dihancurkan dengan mesin pencacah sehingga menjadi butiran-butiran kecil plastik yang siap diolah kembali. Biji plastik daur ulang selain murah juga lebih mudah didapatkan mengingat melimpahnya sampah plastik yang ada di masyarakat. Bisa menjadi alternatif untuk membuat berbagai produk berbahan dasar plastik bahkan terbuka peluang usaha yang dapat ditekuni dalam hubungannya dengan biji plastik daur ulang ini.
Peluang Usaha Biji Plastik Daur Ulang
Dengan tak terbatasnya jumlah limbah plastik yang ada di masyarakat kita, peluang untuk memberdayakan sampah plastik tersebut masih sangat terbuka luas. Dalam kaitannya dengan biji plastik, Anda dapat memulai usaha pencacahan plastik, yaitu membuat beragam sampah plastik menjadi potongan-potongan kecil yaitu biji plastik atau pellet yang siap untuk diproduksi kembali menjadi berbagai barang produksi seperti mainan anak-anak, alat rumah tangga dan lain sebagainya.

Perlu Anda ketahui bahwa untuk membuat biji plastik yang berupa pelet tersebut, Anda harus memisahkan sampah plastik yang ada sesuai dengan jenisnya, misalnya plastik pp, pet, hdpe dan lain sebagainya. Pengelompokan tersebut juga dapat berdasarkan warna dari limbah plastik yang digunakan sehingga nanti ketika sudah menjadi biji plastik daur ulang, dibedakan berdasarkan warna.

Berikut penjelasan singkat mengenai cara membuat biji plastik daur ulang:
– Pisahkan limbah plastik sesuai dengan jenisnya. Jika tidak ingin repot, Anda dapat membeli limbah plastik yang sudah dipisahkan sehingga tinggal dimasukkan ke dalam mesin. Biasanya limbah semacam ini memiliki harga yang lebih mahal.
– Limbah plastik tersebut dapat dimasukkan ke mesin pencacah yang sudah dinyalakan terlebih dahulu. Selain dicacah, limbah tersebut juga sekalian dicuci dengan cara memasukkan air dan detergen ke dalam mesin.
– Mesin akan menyaring limbah plastik tersebut sesuai dengan ukuran yang diinginkan melalui semacam saringan yang ada di dalam mesin. Hasil yang keluar dari saringan tersebutlah yang kita sebut sebagai biji plastik atau pellet yang siap untuk diproduksi kembali.
– Setelah proses penyaringan, biji plastik masih harus dicuci kembali untuk kedua kalinya untuk menghilangkan semua kotoran maupun tanah yang masih menempel.
– Proses selanjutnya adalah pengeringan biji plastik. Pengeringan dapat dilakukan secara manual yaitu dengan menjemurnya di bawah sinar matahari atau dapat juga menggunakan alat seperti mesin oven pengering, alat press atau bahkan menggunakan fasilitas spin dari mesin cuci bekas.

Hasil yang berupa biji plastik tersebut merupakan komoditi yang memiliki nilai jual bagus terutama jika Anda serius menekuni usaha biji plastik ini. Pastikan bahwa Anda memiliki cukup bahan baku demi kelangsungan usaha Anda dan jalur untuk memasarkan hasil usaha Anda yang berupa biji plastik agar terwujud kesinambungan dalam usaha biji plastik tersebut. Selamat mencoba!

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.