Mari Mengenal Berbagai Jenis Karung Plastik

Mari Mengenal Berbagai Jenis Karung Plastik

Karung plastic merupakan salah satu produk yang banyak ditemui di masyarakat terutama yang digunakan untuk menampung bahan-bahan seperti beras, pupuk, biji-bijian seperti kopi, jagung dan lain sebagainya.
Penggunaan dan pemilihan jenis karung plastic tentunya disesuaikan dengan jenis barang atau bahan yang akan dikemasnya. Sebagai contoh untuk mengemas biji kopi dengan butiran yang cukup besar, maka karung plastic yang digunakan tidak perlu yang memiliki kerapatan tinggi. Sementara untuk mengemas pupuk yang memiliki butiran lebih halus maka karung plastic yang digunakan adalah karung plastic dengan kerapatan tinggi agar butiran pupuk tidak menerobos keluar melalui celah-celah karung.

Memang pada umumnya masyarakat awam kurang memahami atau lebih tepatnya kurang memperhatikan perbedaan yang ada antara karung plastic satu dengan lainnya. Bagi mereka yang penting produk tersebut dapat mengemas produk yang mereka butuhkan untuk industry maupun kebutuhan rumah tangga mereka.
Tetapi ada baiknya kita belajar sedikit mengenai karung plastic ini karena siapa tahu kelak pengetahuan kita ini akan memberikan manfaat kepada kita.
Untuk membantu Anda mengenal berbagai jenis karung plastic yang ada, silahkan simak ulasannya di bawah ini.

Macam dan Ragam Karung Plastik
Bergamnya karung plastic yang tersedia di pasaran umumnya karena disesuaikan dengan jenis produk yang akan dikemasnya. Berikut informasi mengenai jenis dan ragam karung plastic untuk Anda ketahui:
– Polypropulene Woven Sacks (Karung Plastik Anyam PP)
Produk ini merupakan karung plastic yang terlihat seperti anyaman. Umumnya produk ini memiliki tingkat kerapatan yang baik sehingga dapat digunakan untuk mengemas bahan-bahan seperti gula, tepung, pupuk, biji-bijian, tepung jagung dan lain sebagianya yang memang berupa butiran halus.

Karena tingkat kerapatannya tinggi, bahan yang dikemas tidak akan keluar dari karung. Kedap air dan awet merupakan sfat unggulan dari produk karung plastic ini memliki lapisan ekstra yang membuatnya tidak bocor.

Ukuran karung plastic semacam ini bervariasi, mulai dari 1 kg, 5 kg, 10 kg, 25 kg, 50 kg hingga 100 kg tergantung kebutuhan pelanggan.

– Karung Plastik PP Untuk Industri Kimia
Merupakan jenis karung plastic yang digunakan untuk mengemas bahan-bahan yang berhubungan dengan indutri kimia. Yang diperlukan dari produk semacam ini adalah produk yang memiliki tingkat kekuatan, fleksibilitas, kekuatan yang tinggi serta dapat diandalkan. Ukuran dan desain gambar akan disesuaikan dengan permintaan pelanggan.

– Non Woven Sacks (Karung Plastik Biasa)
Jenis ini umum digunakan untuk mengemas prosuk seperti semen, biji-bijian maupun bumbu-bumbu seperti merica, lada dan lain-lain dalam jumlah besar. Karung plastic jenis ini harus memiliki kekuatan yang tinggi dan biasanya dibuat dari plastic berkualitas tinggi.

– PP Woven Gusseted Sacks
Karung plastic yang satu ini memiliki keistimewaan tersendiri karena memiliki rangka sedemikian rupa sehingga dapat didirikan secara vertical. Karung ini memiliki bagian sisi dan akan menggembung sedemikian rupa sehingga dapat menahan produk karena bagian dasarnya menjadi datar.

Jenis ini sangat sesuai untuk mengemas berbagai produk pertanian serta bahan pangan. Keunggulan dari karung plastic ini adalah menghemat tempat penyimpanan.  Tentu saja macam dan ragam karung plastic yang beredar di pasaran masih sangat banyak dan beragam. Umumnya pelanggan akan memperhatikan beberapa factor penting seperti jenis produk yang akan dikemas, lama penyimpanan, kebocoran yang mungkin terjadi, produk yang kedap air dan lain sebagainya sebelum memilih karung plastic yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. Semoga sedikit informasi mengenai karung plastic di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.