Mari Berpartisipasi Dalam Pemanfaatan Limbah Plastik

Mari Berpartisipasi Dalam Pemanfaatan Limbah Plastik

Pemanfaatan limbah plastik merupakan salah satu topik yang kian hangat dibicarakan orang di seluruh dunia. Seperti kita ketahui, bumi ini telah dipenuhi oleh limbah plastik yang tidak hanya berasal dari pemakaian masa kini tetapi juga berasal dari puluhan tahun lalu. Karena sifat plastik yang tidak mudah terurai dan membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai, maka limbah plastik yang menumpuk hingga saat ini telah mencemari tidak hanya daratan saja tetapi juga wilayah laut dan menyebabkan masalah lingkungan yang cukup serius.

Plastik sendiri merupakan material yang mulai dikenal masyarakat sejak Perang Dunia ke II dan memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dunia. Bahkan dunia modern sepertinya tidak dapat hidup tanpa plastik. Lihat saja sekeliling kita, beragam jenis kantong plastik, peralatan rumah tangga, mainan anak, telepon, laptop dan gadget, bagian body motor dan mobil dan masih banyak lagi semuanya terbuat dari plastik. Sayangnya, sesuatu yang terbukti sangat bermanfaat, murah serta ringan ini ternyata menimbulkan masalah jika sudah berubah menjadi limbah. Banyak yang terkejut melihat dampak buruk limbah plastik terhadap kehidupan mamalia dan burung-burung laut yang mati karena memakan limbah tersebut, atau penyu laut yang mampu bertahan ratusan tahun tetapi tidak berdaya melawan limbah plastik yang ditelannya. Untuk itu pemanfaatan limbah plastik menjadi sesuatu yang berguna sangat perlu untuk kita tanamkan pada generasi muda kita.
Bagaimana Cara Pemanfaatan Limbah Plastik?
Pemanfaatan limbah plastik bisa dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:
1. RECYCLE (Daur Ulang)
Berbagai jenis plastik yang sering kita gunakan sehari-hari dapat didaur ulang untuk dijadikan produk lain yang juga bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dengan maraknya isu limbah plastik seperti yang sudah disinggung di atas, kini mulai banyak dilakukan penelitian dan percobaan terutama di negara-negara maju agar pemanfaatan limbah plastik dapat maksimal sehingga mengurangi pencemaran dan masalah lain yang menyertainya.

Di negara-negara maju, pemanfaatan limbah plastik sudah lebih maju dan dipikirkan dengan sungguh-sungguh. Berikut beberapa hasil dari daur ulang limbah plastik:
– Bahan bakar
– Tiang listrik (pengganti tiang kayu atau besi)
– Batako untuk membangun rumah dan gedung

Sementara di negara kita, kebanyakan pemanfaatan limbah plastik digunakan antara lain sebagai:
– Pellet atau biji plastik yang nantinya akan diproduksi lagi di pabrik menjadi barang-barang serupa atau barang lain yang bermanfaat.
– Berbagai macam kerajinan termasuk sandal, tas, dompet, pigura, vas bunga dan masih banyak lagi tergantung kreativitas masing-masing perajin
2. REUSE (Gunakan Kembali)
Anda dapat memaksimalkan pemanfaatan limbah plastik dengan cara menggunakannya kembali. Misalnya, kantong kresek yang banyak dijumpai di rumah Anda dapat Anda gunakan kembali untuk berbagai keperluan sebagai berikut:
– menjadi pengganti dakron pada waktu membuat boneka dan pernak pernik kecil lainnya
– menjadi sarung tangan ketika berkebun, membuang sampah dan melakukan kegiatan lain yang membutuhkan sarung tangan
– digunakan kembali pada waktu berbelanja

Sedangkan untuk sampah plastik yang berupa botol minuman, berikut beberapa cara untuk menggunakannya kembali:
– Sebagai pot tanaman
– Menjadi pengganti toples dengan cara memotong bagian bawah 2 buah botol minuman yang sama besar, salah satu botol menjadi wadahnya, sisanya dijadikan sebagai tutup
– Dijadikan tempat pensil dengan dihiasi sesuai kreativitas
– Dijadikan alat untuk menyiram tanaman dengan membuat lubang-lubang kecil pada tutup botol
– Dijadikan tempat tisu gulung
– Menjadi tempat majalah dan wadah serbaguna lainnya

Tentunya masih banyak cara yang dapat kita gunakan sebagai sarana pemanfaatan limbah plastik. Marilah kita bijak menyikapi masalah lingkungan yang ada dan memanfaatkan sumber daya di sekitar kita termasuk produk plastik dengan baik dan benar.

 

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.