Macam-Macam Plastik dan Kegunaannya

Berbagai Macam Jenis Plastik untuk Industri dan Rumah Tangga

Di kehidupan rumah tangga, kita termasuk banyak menggunakan barang-barang yang terbuat dari bahan macam-macam plastik. Plastik ada banyak macam nya. Macam-macam plastik tersebut digunakan untuk kepentingan yang berbeda. Ada jenis plastik yang aman digunakan untuk keperluan rumah tangga pribadi ada yang hanya bisa digunakan untuk keperluan industri. Adalah penting untuk mengetahui plastik dan kegunaannya karena tidak semua plastik aman apalagi untuk meletakkan dan menyimpan makanan. Biasanya di bagian bawah atau belakang kemasan plastik itu sudah tersedia keterangan atau label dalam bentuk huruf atau angka yang menandakan tingkat keamanannya.

Macam-Macam Plastik

Macam-Macam Plastik

Berikut ini akan kami berikan informasi mengenai macam-macam plastik dan juga kegunaan atau fungsinya. Yang pertama adalah polypropylene. Plastik jenis ini cukup sering kita temui, penggunaannya biasanya pada botol, plastik obat, pipet atau sedotan dan kemasan makanan ringan anak-anak. Yang kedua adalah polyethylene yang juga adalah jenis plastik yang biasa digunakan oleh industry untuk mengemas produk yang berbentuk cair seperti sirup atau minuman. Jenis plastik yang ketiga adalah oriented polystyrene. Plastik ini tidak bisa bertahan pada suhu yang panas atau panas matahari. Plastik ini jenis plastik yang biasa digunakan untuk mengemas roti atau makanan yang membutuhkan kemasan menarik ketika terlihat dari luar. Jenis plastik selanjutnya adalah high density polyethylene yang juga adalah plastik yang dipakai untuk mengemas minyak goring, detergen pakaian, makanan yang memiliki kuah panas. Plastik ini cukup tebal sehingga lebih kuat dan lebih tahan suhu panas.

Macam-macam plastik selanjutnya adalah low density polyethylene. Ini adalah jenis plastik yang mungkin cukup jarang kita gunakan. Plastik ini digunakan sebagai pembungkus makanan agar suhu hangatnya tetap terjaga dan juga untuk melapisi kaleng. Kemudian jenis plastik polyethylene tarepthalate yang biasanya digunakan pada minuman yang mengandung bahan soda. Jenis plastik berikutnya adalah plastik yang biasanya kita gunakan untuk penyimpanan telur, daging dan ikan dengan es batu, dll yang bentuknya seperti gabus namanya adalah plastik polystyrene. Jenis plastik yang digunakan para kontraktor dalam bangunan adalah plastik cor yang biasanya dipakai saat akan cor bangunan. Kemudian ada jenis plastik yang cukup familiar yaitu PVC dimana rumah tangga biasanya menggunakan ini untuk pipa ledeng mereka.

Untuk kebutuhan pendidikan biasanya menggunakan macam-macam plastik mika yang biasanya dipakai saat presentasi dengan menggunakan proyektor. Untuk kebutuhan sayur dan buah-buahan biasanya menggunakan plastik vacuum yang mampu membuat produk yang dikemasnya bertahan cukup lama karena kedap udara. Plastik jenis ini jjuga sangat berguna jika anda harus mengirimkan barang makanan ke luar kota agar tidak basi atau rusak dijalan. Adapun jenis-jenis plastik memiliki kode huruf untuk tingkat keamanan jika sampai terkonsumsi. Ini yang harus anda perhatikan ketika membeli perlengkapan rumah tangga menggunakan bahan plastik.

Rata-rata macam-macam plastik diatas tidak bisa digunakan sampai berulang kali. Ini berarti plastik tersebut hanya bisa digunakan satu kali setiap kali pemakaian lalu dibuang dan anda harus menggantinya. Untuk plastik botol minuman kemasan juga jangan sampai terkena paparan sinar matahari karena bisa merusak komposisi minuman dan berbahaya. Plastik memang sangat dibutuhkan dalam rumah tangga bisa untuk menyimpan makanan, membawa bekal si kecil ke sekolah dan memasak. Akan tetapi perhatikan kualitas dan kemanan sehingga tidak malah membahayakan si kecil dan anggota keluarga lainnya.

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.