Informasi Seputar Mesin Pencacah Plastik

Informasi Seputar Mesin Pencacah Plastik

Mesin pencacah plastik bisa jadi merupakan sesuatu yang kurang akrab di telinga masyarakat awam. Padahal mesin yang satu ini memiliki peran penting dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan mereka akan plastik. Selain itu, mesin ini juga membantu masyarakat untuk “Go Green” karena fungsinya adalah mendaur ulang limbah plastik menjadi cacahan plastik yang siap untuk diolah kembali menjadi produk-produk yang sudah ditentukan.

Melalui ulasan di bawah ini, mari kita belajar mengenal mesin pencacah plastik yang sangat berguna tidak hanya untuk membantu mendaur ulang sampah plastik yang ada di masyarakat, tetapi juga dapat menghasilkan penghasilan tambahan baik bagi pemiliknya maupun orang-orang yang terkait dengan usaha mesin pencacah plastik ini.

Pada dasarnya, mesin pencacah plastik adalah mesin yang dirancang untuk menghancurkan limbah plastik dan mengubahnya menjadi biji plastik (cacahan plastik yang biasa disebut pelet). Biji plastik tersebut siap untuk diproduksi kembali di pabrik menjadi berbagai barang plastik yang berbeda. Limbah plastik yang dimaksud bisa berupa botol maupun gelas bekas, plastik kresek, pembungkus makanan maupun jenis plastik yang lain.
Mengenal Komponen Mesin Pencacah Plastik dan Kriterianya
Untuk membantu kita memiliki gambaran lebih jelas mengenai mesin pencacah plastik, ada baiknya kita memahami komponen dari mesin tersebut serta beberapa kriteria yang perlu diperhatikan ketika membeli maupun mengoperasikan mesin tersebut.

Komponen mesin pencacah plastik sederhana, secara umum terdiri dari 3 bagian, yaitu:
– Body atau Badan Mesin
Badan mesin di sini memiliki fungsi untuk menahan limbah plastik yang sedang dicacah agar tidak keluar dari mesin selama proses pencacahan berlangsung.
– Saringan
Sebagaimana namanya, komponen ini memiliki fungsi untuk menyaring biji plastik yang sudah selesai diproses sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan sebelumnya.
– Saluran Keluar
Merupakan saluran untuk mengeluarkan biji plastik yang sudah melewati saringan untuk ditampung, dijual kembali maupun digunakan sesuai kebutuhan.

Komponen maupun kriteria lain yang perlu diperhatikan dari sebuah mesin pencacah plastik antara lain adalah:
– Kapasitas mesin pencacah plastik
Yang dimaksud dengan kapasitas di sini adalah kemampuan mesin pencacah plastik tersebut untuk menghancurkan sejumlah limbah plastik per jamnya. Ada berbagai pilihan ukuran kapasitas mesin yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis usaha pengolahan limbah plastik yang Anda kelola. Kisaran kapasitas mesin ada yang 30 kg/jam, 50 kg/jam, 100-300 kg/jam hingga 600-800 kg/jam. Bahkan Anda dapat membuat mesin pencacah plastik sesuai dengan standar yang Anda inginkan dengan menghubungi perusahaan pembuat mesin tersebut.

– Keunggulan dari Mesin Pencacah Plastik
Usahakan agar Anda memilih mesin pencacah plastik yang memiliki kelebihan antara lain sebagai berikut:
o Mudah dioperasikan
o Hemat energi dan bahan bakar
o Performa kerja mesin maksimal (perhatikan jenis pisau yang digunakan pada mesin karena berpengaruh terhadap kinerja mesin tersebut)
o Kemampuan dalam menghancurkan limbah plastik. Ada mesin yang hanya dapat menghancurkan jenis plastik tertentu saja misalnya plastik jenis HDPE atau PET saja, tetapi ada mesin yang dapat menghancurkan semua jenis plastik.
o Harga mesin yang kompetitif

Nah, jika Anda sudah memutuskan untuk terjun ke dunia pengolahan limbah plastik, berarti Anda memerlukan mesin pencacah plastik. Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda untuk mendapatkan mesin yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan yang memenuhi kriteria yang Anda inginkan.

Ketika Anda membeli mesin pencacah plastik, pilih perusahaan yang terpercaya yang memiliki jejak rekam baik dan banyak digunakan orang karena hal tersebut merupakan bukti bahwa produk yang ditawarkan berkualitas dan memenuhi standar.

Semoga berhasil dengan usaha pengolahan limbah Anda menggunakan mesin pencacah plastik yang Anda pilih.

 

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.