Informasi Mengenai Kode Plastik

Informasi Mengenai Kode Plastik

Kode plastik merupakan simbol yang biasanya berupa segitiga beserta angka dan singkatan dari jenis plastik yang digunakan yang dapat kita temui di bagian bawah wadah plastik yang kita gunakan sehari-hari. Kode plastik merupakan hal yang penting untuk kita ketahui. Sebagian besar masyarakat kita kurang atau belum menyadari pentingnya mengenal dan memahami arti dari berbagai kode plastik tersebut, padahal pengetahuan mengenai hal ini dapat membantu mereka untuk memilih jenis plastik yang aman dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan keluarga mereka, terutama untuk produk yang digunakan untuk bayi dan anak-anak.

Untuk membantu Anda mengenal berbagai kode plastik yang ada di pasaran, berikut 7 kode plastik yang paling umum kita jumpai beredar di masyarakat berikut contoh produknya. Perhatikan bahwa jenis plastik tertentu dengan kode plastik tertentu pula dapat menyebabkan gangguan kesehatan dalam jangka panjang apabila tidak digunakan secara tepat.

Untuk lebih jelasnya, mari simak tabel berikut:

Simbol
Jenis Plastik
Contoh Produk
Keterangan
Description: ile 5110
PET/PETE(Polyethylene Terephthalate) Botol minuman, botol kecap, botol minyak goreng, Wadah plastik ini kadang menyerap bau dan rasa dari produk yang disimpan di dalamnya. Gunakan hanya 1x pakai saja
Description: ile 5111
HDPE(High Density Polyethylene) Botol susu, shampoo, botol pemutih, botol detergen cair, dll Merupakan wadah plastik yang aman karena tidak menghantarkan bahan kimia pada produk yang disimpan di dalamnya.
Description: ile 5112
PVC(Polyvinyl Clhoride) Berbagai jenis pipa, genting, kerangka pintu, industri otomotif, peralatan kedokteran Tidak boleh berinteraksi langsung dengan makanan atau minuman karena dapat berakibat fatal jika tertelan.
Description: ile 5113
LDPE(Low Density Polyethylene) Kemasan makanan, kantong kresek, wadah (berbentuk botol) untuk bahan makanan cair, karpet, furnitur Merupakan jenis plastik yang baik digunakan untuk produk makanan. Sifatnya lentur dan awet
Description: ile 5114
PP(Polypropylene) Tempat margarin, lapisan anti bocor diaper, wadah makanan (terutama untuk bayi), botol sirup, sedotan,dll Plastik jenis ini bersifat kuat dan umumnya tahan terhadap suhu tinggi
Description: ile 5115
PS(Polystyrene) Peralatan makan plastik, kristal imitasi, tempat CD. Bisa menyebabkan makanan atau minuman terkontaminasi styrene (sejenis racun neurotoksin) yang berakibat buruk terhadap kesehatan.
Description: http://live.isitesoftware.co.nz/plasticsNZ/images/content/pse6.gif
PS-E(Expanded Polystyrene) Wadah makanan Styrofoam, gelas Styrofoam sekali pakai, gabus pada kemasan mainan / elektronik. Bersifat menyerap energi, ringan dan menyimpan panas. Untuk penggunaan sekali pakai (yang berhubungan dengan makanan atau minuman)
Description: ecycling symbol 07 Other
Jenis-jenis plastik lainnya Pelapis pada industri pesawat, galon air, CD dan VCD, wadah penyimpanan pada industri kesehatan, suku cadang mobil Merupakan jenis plastik yang sangat sulit untuk didaur ulang, contohnya Polycarbonate (PC) yang merupakan sumber BPA (senyawa yang dapat merusak kesehatan), Polylactide, akrilik, nilon.Plastik temuan baru (bio-plastic) yang terbuat dari bahan alami seperti jagung, singkong, dll juga menggunakan simbol ini.

Kenali kode plastik pada kemasan dan wadah plastik yang Anda pilih. Tentukan mana yang harus Anda hindari dan mana yang dapat Anda dan keluarga gunakan dengan aman. Kenalkan pengetahuan ini secara bertahap kepada anak-anak Anda agar mereka juga dapat memilih produk yang tepat dan baik untuk kesehatan mereka serta mengetahui bagaimana menggunakan kemasan tersebut dengan benar. Jangan lupa untuk mendaur ulang plastik-plastik di atas karena semua jenis plastik yang memiliki kode plastik seperti di atas dapat didaur ulang. Dengan mendaur ulang plastik, kita membantu bumi kita untuk tetap hijau demi lingkungan hidup yang baik bagi anak cucu kita kelak.

 

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.