Distributor Kantong Kresek: Sebuah Peluang Usaha Yang Patut Dipertimbangkan

Menjadi Distributor Kantong Kresek? Mungkin hal ini tidak pernah terlintas dalam benak Anda. Sekalipun Anda memang berniat untuk membuka sebuah usaha – baik usaha sebagai mata pencaharian utama maupun usaha sampingan – tentunya, peluang usaha yang satu ini luput dari perhatian Anda dan tidak termasuk di dalam daftar Anda.

Tetapi, jika Anda pelajari lebih jauh mengenai kebutuhan masyarakat akan kantong plastik atau yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan kantong kresek, maka tentunya Anda akan mulai meluangkan waktu Anda untuk mengkaji lebih jauh mengenai prospek dari peluang usaha yang satu ini.

Mengapa memilih menjadi Distributor Kantong Kresek ?
Anda dapat memiliki pendapat bahwa membuka usaha lain maupun menjadi distributor produk lain sepertinya lebih menjanjikan serta lebih mudah untuk dijalankan jika dilihat dari segi pengelolaan dan penjualannya. Lalu, mengapa harus memilih peluang usaha ini? Mengapa tidak?
Seperti yang sudah sedikit disinggung di atas, coba Anda perhatikan masyarakat di sekitar Anda. Mereka sepertinya tidak bisa hidup tanpa kantong kresek – paling tidak hingga saat ini dan beberapa dekade ke depan. Lihat saja, di setiap tempat perbelanjaan baik yang tradisional seperti pasar-pasar dan warung rumahan maupun tingkat yang lebih elit seperti swalayan atau mall, kantong kresek dengan berbagai ukuran; baik yang polos maupun yang tampil dalam berbagai warna dan gambar selalu dijadikan sebagai media pembungkus. Masyarakatpun merasa nyaman menggunakannya.
Selain tempat perbelanjaan yang setiap harinya pasti ramai dikunjungi pembeli, tempat-tempat seperti perkantoran, rumah sakit maupun gedung-gedung bertingkat misalnya apartemen juga memerlukan produk ini dalam jumlah yang relatif besar tiap harinya – terutama untuk kantong sampah. Dari pengamatan di atas, kita bisa mrnyimpulkan bahwa kebutuhan masyarakat akan produk ini masih sangat tinggi. Hal inilah yang menjadikan peluang usaha ini masih memiliki prospek yang cerah ke depannya.

Bagaimana Memulai Usaha Distributor Kantong Kresek?
Sebelum memulai sebuah usaha, kita harus benar-benar mempersiapkan dan memperhitungkan setiap kemungkinan yang ada demi kelanjutan serta keberhasilan usaha kita tersebut. Dalam hal menjadi Distributor Kantong Kresek, berikut beberapa tips yang diharapkan dapat membantu Anda untuk memulai usaha tersebut:
– Siapkan Modal
Tentu saja modal merupakan modal utama dala setiap usaha, termasuk jika Anda ingin menekuni peluang usaha ini. Perhitungkan besar kecilnya modal dan sesuaikan dengan kapasitas usaha Anda dalam menampung atau menyetok jumlah produk yang akan dipasarkan. Dala hal ini Anda harus memiliki perhitungan mengenai harga barang dan perkiraan besarnya penjualan Anda.

– Cari Supplier Yang Bisa Dipercaya
Berhubungan dengan modal, Anda harus mulai mencari supplier produk yang akan Anda pasarkan tersebut. Dengan bantuan internet, Anda dapat memilah-milah mana supplier yang dapat dipercaya, mana yang meragukan, berdasarkan rekam jejak perusahaan mereka.

– Marketing dan Promosi
Bagian penting lain setelah menjadi Distributor Kantong Kresek adalah bagaimana Anda memasarkan produk tersebut. Untuk lebih efektif, Anda dapat menggabungkan penjualan secara online dan penjualan offline. Hal ini akan lebih memperbesar pemasaran Anda.
Untuk membantu meningkatkan penjualan, Anda dapat melakuka berbagai promosi misalnya dengan member potongan harga, atau memberikan bonus untuk pembelian jumlah tertentu dan lain sebagainya agar pelanggan lebih tertarik dan tetap setia pada perusahaan Anda.

– Ketekunan dan Kerja Keras
Tidak ada usaha yang berhasil tanpa ketekunan dan kerja keras pemiliknya. Jadi, yang dibutuhkan oleh seorang Distributor Kantong Kresek adalah ketekunan dan kerja keras, bahkan ketika usaha Anda sudah berkembang. Jangan pernah berhenti di tengah jalan, terutaa ketika menghadapi masalah, cari dolusi untuk setiap masalah yang Anda hadapi dan buat usaha yang sudah Anda pilih tersebut makin berkembang dan berhasil.
Terlepas dari keberadaan kantong kresek yang dianggap merusak lingkungan karena membutuhkan waktu minimal ratusan tahun untuk terurai, tetap saja peluang usaha yang satu ini masih memiliki prospek yang cukup baik. Jadi, siapkah Anda menjadi Distributor Kantong Kresek?

 

This entry was posted in Tips Usaha Plastik Untuk Pemula and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.