Daur Ulang Plastik Kresek

Salah satu jenis usaha ramah lingkungan yang bisa Anda geluti adalah usaha daur ulang plastik kresek. Konsep usaha ini tidak hanya menjanjikan dari segi lingkungan namun juga sangat menjanjikan dari segi pemasukan. Saat ini adalah era dimana hampir semua benda yang digunakan oleh manusia setiap harinya terbuat dari plastik. Dari mulai peralatan mandi hingga pesawat luar angkasa menggunakan komponen – komponen yang terbuat dari plastik. Ketergantungan manusia pada plastik ini menjadikan sampah plastik bertebaran di berbagai tempat. Padahal, plastik membutuhkan waktu hingga ratusan tahun untuk bisa hancur dengan sendirinya sehingga sampah plastik dianggap sebagai salah satu pencemar paling utama bagi bumi.

Daur Ulang Plastik Kresek

Namun pemakaian plastik yang berlebihan ini kini bisa sedikit dikurangi dengan daur ulang plastik kresek yang memungkinkan kita untuk memanfaatkan kembali plastik – plastik tidak terpakai yang dianggap sampah. Kantong plastik sendiri adalah salah satu jenis produk plastik yang paling banyak dibuang sebagai sampah. Kantong plastik merupakan benda yang akrab dengan kehidupan manusia setiap hari. ketika kita berbelanja atau membawa barang bawaan tertentu, maka kita akan selalu mengandalkan kantong plastik karena murah, sangat mudah didapatkan, tahan lama, serta lumayan kuat untuk membawa barang hingga beberapa kilogram. Pemakaian kantong plastik yang semakin lama semakin menimbulkan sampah plastik inilah yang mendorong proses recycle atau daur ulang kantong plastik.

Proses pada daur ulang plastik kresek

Ada serangkaian daur ulang plastik kresek yang harus diketahui. Yang pertama adalah proses pengumpulan sampah kantong plastik yang sudah tidak terpakai. Jika melihat di sekeliling tempat tinggal, maka kita akan melihat banyak sekali sampah plastik yang bertebaran. Sampah – sampah plastik tersebut biasanya akan dikumpulkan melalui para pemulung atau bisa juga dikumpulkan melalui bank sampah. Konsep bank sampah adalah mendorong rumah – rumah untuk memilah – milah jenis sampah rumah tangga untuk kemudian dijual sebagai komoditi yang bernilai ekonomis. Salah satu jenis sampah yang bisa dijual kembali oleh rumah tangga adalah sampah kantong plastik yang dikumpulkan dari berbagai kegiatan ekonomi seperti belanja di pasar atau di toko – toko.

Setelah mengumpulkan sampah kantong plastik, proses selanjutnya dalam daur ulang plastik kresek adalah mengolah sampah kantong plastik tersebut menggunakan alat khusus sehingga bisa didapatkan cacahan plastik. Cacahan plastik ini didapatkan dari pemrosesan menggunakan mesin giling khusus. Hasil cacahan tersebut bisa dijual kembali atau bisa diolah lagi menjadi pallet plastik. Pallet plastik atau biji plastik merupakan bahan baku yang sangat dibutuhkan oleh berbagai macam industri plastik dan bisa dibuat menjadi berbagai macam benda baru seperti kantong plastik baru, ember, peralatan dapur, kursi plastik, dan lain sebagainya. Bahkan pallet plastik hasil daur ulang ini bisa digunakan sebagai bahan baku batako atau bisa juga digunakan sebagai bahan campuran tiang listrik pengganti tiang kayu atau tiang besi yang harganya semakin mahal dan bahan utamanya semakin sulit dicari.

Jadi dengan daur ulang plastik kresek ini jumlah sampah kantong plastik yang dibuang bisa dikurangi. Jika Anda merasa sering menggunakan kantong plastik dan ingin berpartisipasi dalam pelestarian lingkungan melalui daur ulang kantong plastik, maka Anda bisa melakukannya dengan mulai memilah – milah sampah plastik rumah tangga. Sisihkan sampah plastik atau kantong plastik dan serahkan sampah plastik tersebut kepada pemulung, pengepul, bank sampah, atau pengusaha daur ulang sampah plastik.

Daur Ulang Plastik Kresek

 

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.