Beragam Manfaat Dari Daur Ulang Plastik

Beragam Manfaat Dari Daur Ulang Plastik

Daur ulang plastik kini menjadi salah satu topik yang cukup gencar dicanangkan oleh pemerintah di berbagai negara di seluruh dunia mengingat ciri plastik yang tidak dapat terurai sebelum mencapai minimal 300 tahun. Berbagai upaya untuk menjaga bumi tetap hijau dan cantik terus dilakukan, salah satunya adalah dengan program daur ulang plastik ini. Sementara di satu sisi, kebutuhan masyarakat akan plastik – dalam berbagai bentuk dan jenis – masih sangat tinggi. Untuk itulah, setiap warga negara diharapkan untuk sadar lingkungan dengan sedapat mungkin memanfaatkan limbah plastik yang ada di sekitar mereka dengan baik.

Peluang untuk melakukan usaha daur plastik sebenarnya terbuka lebar. Lihat saja di sekitar kita, betapa banyaknya plastik yang berserakan di tempat-tempat sampah baik plastik yang berupa bekas botol minum, kantong plastik hingga alat-alat rumah tangga yang terbuat dari plastik. Semua jenis plastik tersebut dapat didaur ulang. Inilah peluang yang harus kita manfaatkan untuk meraup rupiah dari daur ulang plastik, sekaligus mengurangi sampah plastik di bumi kita.

Peluang Usaha Daur Ulang Plastik
Karena kebutuhan masyarakat kita yang sangat tinggi akan plastik, tentu saja limbah buangan plastik juga sangat tinggi. Anda dapat memanfaatkan peluang ini sebagai salah satu usaha untuk ditekuni. Berikut 2 contoh usaha daur ulang plastik untuk Anda pertimbangkan:
– Menjadi Pengepul
Dalam hal ini Anda harus memiliki modal karena Anda harus membeli limbah plastik yang sudah dikumpulkan oleh para pemulung. Nantinya Anda dapat menjual hasil tersebut kepada mereka yang memiliki usaha pencacahan plastik atau kerajinan dengan menggunakan limbah palstik. Hal yang perlu diperhatikan dalam usaha ini adalah kontinuitas dan sumber dari limbah plastik yang ada, untuk kelangsungan usaha Anda.

– Menjual cacahan plastik
Dalam hal ini Anda akan memerlukan semacam mesin giling khusus yang akan menghancurkan limbah plastik yang Anda peroleh dari pengepul, dan hasilnya yaitu cacahan plastik tadi dapat Anda jual kembali dengan harga yang relatif tinggi. Namun, sama seperti usaha yang lain tentunya perlu pemikiran dan persiapan yang matang sebelum Anda memulainya selain disiplin dan ketekunan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Daur Ulang Plastik Untuk Kerajinan
Selain usaha di atas, Anda juga dapat membuat berbagai kerajinan tangan dengan menggunakan limbah plastik. Kini di beberapa tempat sudah didirikan sentra daur ulang plastik untuk dijadikan berbagai kerajinan tangan. Umumnya kerajinan tangan dari plastik ini berupa barang-barang yang dapat kita gunakan sehari-hari, misalnya payung, sandal, tas, dompet, ikat pinggang dan lain sebagainya. Dengan kreativitas yang tinggi, peluang ini masih terbuka lebar karena limbah plastik di masyarakat kita masih sangat tinggi.
Bagi Anda yang kreatif dan menyukai pernak-pernik, membuat kerajinan tangan dari daur ulang plastik juga dapat Anda lakukan di rumah bersama anak-anak. Berbagai limbah plastik seperti botol minuman bekas dapat Anda ubah menjadi tempat pensil yang cantik atau celengan. Selain membantu mengurangi limbah plastik, Anda sekaligus mengajar anak untuk menjadi kreatif.

Dengan kreativitas dan ketekunan, sebuah masalah pasti ada solusinya. Masalah limbah plastik yang selama ini menjadi momok masyarakat dunia, ternyata memiliki solusi pemecahan. Di luar negeri bahkan hasil daur ulang plastik dapat digunakan sebagai batako pengganti batu bata untuk membangun rumah dan gedung atau tiang listrik, menggantikan kayu dan besi. Nah, solusi daur ulang plastik apa yang bisa Anda lakukan? Mulailah dari hal yang kecil yang nantinya akan membawa dampak yang besar. Selamat men-daur ulang plastik!

 

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.