Asal Mula Sedotan Plastik

Sejarah Sedotan Plastik di Dunia

Pasti kita semua tahu apa itu sedotan plastik. Ini adalah alat yang biasa kita gunakan ketika kita harus minum dari gelas tetapi tidak ingin menggunakan gelasnya secara langsung. Bentuknya seperti tabung tetapi dalam ukuran mini. Adapun, sedotan ternyata memiliki sejarah asal mulanya. Ternyata, ada hal yang cukup mengejutkan bahwa sedotan sudah ditemukan sejak jaman 3000 sm lalu. Tetapi pada masa itu sedotan tidak terbuat dari bahan plastik dan warna-warni seperti sekarang ini. Saat itu seorang menemukan sebuah pipa kecil berbentuk tabung tetapi dari bahan emas. Ini ditemukan di makan sebuah mumi. Dahulu kala mereka menggunakan ini untuk minum bir. Kemudian, penemuan lebih maju di tahun 1800 yang mana para manusia menggunakan rumput yang memiliki rongga cukup besar bernama rye untuk dijadikan alat minum tetapi rumput ini ternyata tidak cukup kuat sehingga malah hancur saat melebur dengan minuman.

Sedotan Plastik

Sedotan Plastik

Lama kelamaan seorang pintar bernama marvin chester menemukan penemuan dan membuat sedotan dari kertas yang dilapisi lilin. Dia mengukur tinggi dan lebar sebuah sedotan yang akan digunakan untuk menyeruput minuman yang tidak memiliki jarak terlalu jauh dari bibir ke gelas yang digunakan. Sampai pada akhirnya di tahun 1888 dia membuat mesin pencetak sedotan dan mulai sejak itu sedotan di produksi secara besar-besaran. Adapun di dunia sendiri mengenal sedotan plastik dalam beberapa jenis.

  1. Color changer straw

Ini adalah sedotan yang ajaib karena warnanya bisa berubah-ubah ketika cairan atau air menyentuh sisi-sisinya

  1. Sedotan bengkok

Ini adalah sedotan yang biasa kita temui berwarna putih yang ujungnya bisa ditarik dan bengkok sesuai dengan yang kita inginkan.

  1. Wide straw

Sedotan ini bentuknya simple tetapi ukuran diameternya lebih besar. Kita biasa menemuinya digunakan di café-café biasanya untuk digunakan saat menyediakan minuman dengan agar-agar atau topping dengan ukuran besar.

  1. Cereal straw

Sedotan ini bentuknya sama dengan sedotan biasa hanya saja ukurannya lebih besar dan berat. Biasanya sedotan ini bisa dimakan seperti biscuit atau astor. Dan dicelupkan ke minuman dingin yang lezat.

  1. Spoon straw

Sesuai namanya, ini adalah sedotan tetapi ujungnya bentuknya seperti sendok dengan ukuran kecil. Ini biasa digunakan saat menyendok dan meminum es atau es krim. Salah satu gerai makanan cepat saji di Indonesia yang cukup terkenal juga menggunakan sedotan ini untuk menyajikan es krim nya.

  1. Life straw

Ini adalah salah satu sedotan hebat yang mana bisa menyaring bakteri jahat yang biasanya ada pada air atau minuman yang kita beli di luaran. Ketika menggunakan sendok ini maka bakteri itu akan tersaring dan yang kita minum adalah air yang bersih dan aman saja.

Sangat unik bukan? Sedotan plastik yang biasanya seperti benda tidak berharga ternyata masuk dalam penemuan dunia yang cukup hebat. Saat ini bahkan kita bisa menjumpai beragam macam sedotan dengan warna yang cantik dan cerah.  Bahkan sejak jaman kita belum tercipta di dunia. Sebagai saran, setiap sedotan pasti memiliki kualitas yang berbeda, jika ingin digunakan secara pribadi maka pilih yang plastiknya aman dan tebal. Waspadai jika sedotan mengeluarkan bau-bauan yang cukup menyengat. Ini biasanya menggunakan bahan yang berbahaya dan mengandung minyak. Waspadai penggunaan sedotan terutama untuk anak kecil yang masih belum mengerti fungsinya., karena ujung sedotan yang cukup tajam cukup mampu melukai.

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.