Apa Saja Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Plastik PP?

Apa Saja Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Plastik PP?

Plastik PP merupakan salah satu jenis plastik yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam kehidupan mereka sehari-hari sejak kurang lebih 30 tahun terakhir ini. Tetapi, apakah masyarakat kita benar-benar mengenal dan mengetahui apa dan mengapa plastik PP tersebut?

Dapat dikatakan bahwa belum semua masyarakat mengenal jenis plastik yang satu ini baik mengenai dari mana asalnya, bagaimana cara pembuatannya, kelebihan dan kekurangannya hingga fungsi dan contoh produk yang menggunakan jenis plastik ini.

Nah, untuk menambah wawasan kita, mari kita simak ulasan di bawah ini yang akan membedah secara singkat mengenai segala hal yang perlu untuk kita ketahui mengenai plastik PP ini.
Sejarah Singkat Plastik PP
Pada awalnya 2 orang ahli kimia berkebangsaan Jerman yaitu Giulio Natta dan Karl Rehn melakukan polimerisasi terhadap propylene untuk pertama kalinya pada bulan Maret 1954. Hasil dari polimerisasi tersebut berupa polimer kristal isotatik. Penemuan ini selanjutnya membuka pintu ke arah produksi polypropylene secara komersial sejak tahun 1957. Jenis plastik ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan untuk membuat berbagai produk yang digunakan oleh masyarakat pada umumnya.
Produk Berbahan Dasar Plastik PP
Jika berbicara mengenai beragam produk yang terbuat dari plastik PP, maka kita akan segera menyadari bahwa kita hampir-hampir tidak dapat hidup tanpa plastik jenis ini. Tentu saja alasan utama dari pernyataan di atas adalah karena begitu banyak produk berbahan dasar plastik PP yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Produk-produk yang dihasilkan tidak terbatas hanua untuk memenuhi kebutuhan domestik saja seperti perlengkapan rumah tangga, mainan anak, wadah penyimpanan makanan dan lain-lain, namun juga berupa produk yang berasal dari bidang industri, bidang kesehatan hingga penggunaan di laboratorium.

Produk perlengkapan rumah tangga seperti gayung, kursi atau bangku plastik, sikat gigi hingga ke produk elektronik dan otomotif banyak yang menggunakan plastik PP. Bahkan plastik jenis ini juga digunakan dalam pembuatan karpet, keset dan permadani, pembuatan tali, plastik pada kabel, wadah-wadah penyimpanan, atap rumah hingga ke botol minuman sekali pakai. Bayangkan bagaimana kesulitan yang harus dihadapi oleh masyarakat jika tidak ada barang-barang tersebut.

Apa Saja Sifat dan Kelebihan dari Plastik PP
Berikut beberapa kelebihan dari plastik PP yang bernama kimia C3H6 yang perlu untuk kita ketahui:

– Harga Relatif Murah
Hal ini membuat plastik PP merupakan pilihan cerdas para pengusaha karena dapat dimanfaatkan dalam berbagai macam kegunaan dengan harga yang bersahabat.
– Jika diberi pewarna hasil produk akan terlihat lebih cantik dan warnanya tetap cerah
– Kuat, awet dan stabil
– Fleksibel sehingga mudah untuk dibentuk menjadi beragam produk sesuai kebutuhan
– Tahan terhadap tekanan.
Plastik PP sangat baik digunakan untuk wadah maupun botol yang menggunakan tutup berengsel karena tidak akan mudah rusak dan awet.
– Merupakan penahan panas yang baik jika digunakan pada kabel, pipa dan lain sebagainya.
– Tahan terhadap bahan pelarut dan minyak pada umumnya
– Memiliki daya tahan yang sangat baik terhadap kelembapan
– Tahan terhadap suhu tinggi sehingga sesuai jika digunakan di laboratorium
– Memiliki koefisiensi yang rendah terhadap gesekan

Satu lagi kelebihan dari jenis plastik yang memiliki kode angka 5 ini, yaitu dapat dengan mudah didaur ulang menjadi produk lain yang tetap memiliki manfaat bagi kehidupan umat manusia. Jadi, karena plastik PP berperan penting dalam kehidupan kita, mari kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya tanpa melalaikan tugas kita untuk tetap menjaga bumi tetap hijau dengan mendaur ulangnya.

 

This entry was posted in Artikel Umum and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.